Ponsel
Tekno

Ini Fitur Baru dari Android 14 yang Bikin Baterai Ponsel Awet Tahan Lama

  • Simak penjelasan mengenai fitur Android 14 yang bisa membuat baterai ponsel Anda jadi awet tahan lama.

Tekno

Justina Nur Landhiani

JAKARTA - Android 14 adalah versi terbaru dari sistem operasi seluler Google dan memiliki beberapa fitur baru dan upgrade yang bertujuan untuk memperpanjang masa pakai baterai dan meningkatkan kinerja ponsel. Salah satu perubahan paling signifikan di Android 14 adalah pengurangan background activity untuk meningkatkan kinerja dan memperpanjang masa pakai baterai.

Peningkatan Fitur Android 14 yang Membuat Baterai Ponsel Jadi Awet Tahan Lama

Peningkatan fitur Android 14 yang membuat baterai smartphone jadi awet tahan lama

Berikut beberapa fitur baru dari Android 14 yang bisa membuat baterai smartphone Anda awet lebih lama.

1. Pembatasan Broadcast

Sistem Android 14 akan membatasi siaran untuk membantu menghemat sumber daya. Penyiaran atau broadcast adalah mekanisme komunikasi antara sistem dan aplikasi. 

Di ponsel Android 14, sistem dapat menempatkan siaran yang terdaftar dalam konteks ke dalam antrean saat aplikasi masih berada dalam status cache. Ketika aplikasi meninggalkan status cache seperti kembali ke foreground, sistem akan mengirimkan siaran apapun yang diantri. 

2. Pembatasan Aktivitas Aplikasi di Latar Belakang

Banyak aplikasi terus berjalan di latar belakang ponsel Anda meski Anda tidak menggunakannya. Hal ini dapat menguras baterai Anda.

Untuk membatasi aktivitas aplikasi di latar belakang, buka aplikasi Settings atau Pengaturan, dan buka Apps & Notification. Tap See All Apps dan pilih aplikasi yang ingin Anda batasi aktivitasnya di latar belakang. Di bawah opsi Advanced, tap Battery dan pilih pembatasan latar belakang.

3. Ukuran Kode Lebih Rendah

Meski Android 14 dapat membatasi broadcast dan aktivitas latar belakang untuk meningkatkan kinerja ponsel, ternyata hal ini bukan menjadi satu-satunya perubahan besar. Ternyata, Android mendapatkan perubahan besar pada ukuran kodenya sehingga dapat mengurangi ukuran aplikasi sebanyak 90%.

Selain itu, pengguna Android 14 juga dapat meningkatkan kinerja perangkat dan masa pakai baterai dengan melakukan beberapa hal sebagai berikut.

Mode Battery Saver

Mode Battery Saver adalah cara termudah untuk memperpanjang masa pakai baterai. Secara otomatis mengurangi aktivitas latar belakang dan membatasi kinerja aplikasi sehingga baterai dapat hemat hingga 20%. Untuk mengaktifkan mode penghemat baterai, buka Settings lalu tap opsi Battery, ketuk Battery Saver dan aktifkan saklarnya.

Kurangi Kecerahan Layar

Layar ponsel adalah salah satu komponen perangkat yang banyak menggunakan baterai. Jadi, dengan menggunakan pengaturan layar yang sesuai dan relevan, pengguna bisa lebih menghemat baterai.

Anda bisa melakukan pengurangan kecerahan layar untuk membantu memperpanjang masa pakai baterai. Untuk mengurangi kecerahan layar, geser ke bawah dari atas layar untuk membuka panel Quick Settings. Kemudian, seret penggeser kecerahan ke kiri untuk mengurangi kecerahan layar.

Algoritma Advanced Power Management

Android 14 menerapkan algoritma Advanced Power Management yang lebih canggih. Algoritma ini bertujuan untuk mengoptimalkan penggunaan baterai dengan mengelola sumber daya sistem secara cerdas dan memprioritaskan aplikasi yang boros daya. Selain itu, dengan mengalokasikan sumber daya secara efisien, Android 14 dapat memperpanjang masa pakai baterai terutama selama penggunaan ponsel yang berat.

Itu tadi penjelasan mengenai fitur Android 14 yang bisa membuat baterai ponsel Anda jadi awet tahan lama.