Pelantikan Menteri Perdagangan dan Menteri ATR/BPN beserta beberapa Wamen
Industri

Ini Harapan Dunia Usaha Terhadap Dua Menteri Baru Presiden Jokowi

  • Presiden Joko Widodo resmi menunjuk Zulkifli Hasan, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) menjadi menteri perdagangan dan Hadi Tjahjanto menjadi menteri agraria dan tata ruang.
Industri
Agnes Yohana Simamora

Agnes Yohana Simamora

Author

JAKARTA –Pengusaha nasional turut menaruh harapan kepada dua menteri yang baru dilantik kemarin, Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan dan Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional (ATR/ BPN). Salah satunya dari Kamar Dagang dan Industri Indonesia atau Kadin.

Wakil Kepala Badan Pembinaan Ekonomi Kerakyatan Kadin Yugi Prayanto mengatakan dengan berbagai pengalaman yang dimiliki sebagai Menteri Kehutanan, Ketua Umum Partai dan Wakil Ketua MPR, sosok Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dinilai dapat memberikan solusi yang tepat untuk mengatasi berbagai permasalahan yang saat ini melanda komoditas Indonesia.

"Saat ini kasus harga minyak goreng sedang ramai dibicarakan. Kiranya dengan reshuffle menteri ini dapat memberikan solusi agar harga minyak goreng kembali stabil atau murah. Kalau boleh undang stake holder produsen supaya terdapat diskusi dan menghasilkan solusi bagi rakyat," kata Yugi kepada TrenAsia, Rabu, 15 Juni 2022.

Ditambahkan, posisi Menteri Agraria dan Tata Ruang yang diisi Hadi Tjahjanto sendiri bukan tanpa tantangan. Bahkan permintaan khusus Presiden Joko Widodo agar Menteri Hadi membereskan mafia-mafia tanah. 

Hal ini karena Menteri Agraria dan Tata Ruang yang baru memiliki latar belakang panglima TNI yang diharapkan dapat menakuti para mafia. Tidak hanya itu, para pelaku usaha juga berharap alur dalam proses mengurus ijin usaha dipermudah, atau dikenal sebagai debirokratisasi.