Tol Trans Jawa adalah jaringan jalan tol yang menghubungkan kota-kota di pulau Jawa. Jalan  tol ini membentang antara Pelabuhan Merak, Cilegon, di Provinsi Banten hingga Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, di Provinsi Jawa Timur. Total panjang Tol Trans Jawa mencapai 1.240,84 kilometer (Km).
Nasional

Ini Prediksi Titik Kemacetan di Jalan Tol Dalam Kota saat Mudik Lebaran 2022

  • PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) melalui Jasa Marga Metropolitan Tollroad memprediksi terjadinya peningkatan volume lalu lintas di ruas Ruas Tol Jakarta - Tangerang, Ruas Tol Cawang - Tomang - Pluit, dan Ruas Prof. Dr. Ir. Soedijatmo.
Nasional
Liza Zahara

Liza Zahara

Author

JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) melalui Jasa Marga Metropolitan Tollroad memprediksi terjadinya peningkatan volume lalu lintas di ruas Ruas Tol Jakarta - Tangerang, Ruas Tol Cawang - Tomang - Pluit, dan Ruas Prof. Dr. Ir. Soedijatmo. 

Pgs General Manager Representative Office 2 Citra Maharani mengatakan, prediksi titik kepadatan di Ruas Tol Cawang - Tomang - Pluit tepatnya di Simpang Susun (SS) Cawang arah timur, Gerbang Tol (GT) Tomang, dan GT Halim. Kemudian, pada Ruas Tol Prof. Dr. Ir. Soedijatmo terjadi di GT Cengkareng dan GT Kapuk. Sedangkan, di Ruas Tol Jakarta - Tangerang berada di GT Cikupa arah Merak, GT Tomang dan akses masuk serta akses keluar Rest Area. 

"Jasa Marga juga berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan PT Jasa Marga Tollroad Operator (JMTO) sebagai penyedia jasa layanan operasional jalan tol, akan melakukan rencana sebagai langkah antisipasi terjadinya kepadatan," kata Citra Maharani dalam keterangan resmi, Selasa, 26 April 2022. 

Rekayasa Lalu Lintas 

Adapun upaya penanganan kepadatan lalu lintas dengan dilakukannya penempatan rambu VMS dan Prisma, VMS Mobile, dan rekayasa lalu lintas secara situasional yang dilakukan pada Simpang Susun (SS) Tomang, SS Cawang arah Cikampek, SS Kembangan, dan akses keluar masuk rest area apabila terjadi kepadatan pada situasi tertentu.

Selain itu dilakukan juga peningkatan layanan transaksi dengan memastikan pengoperasian gardu dan keberfungsian peralatan tol 100%, pengoperasian gardu Oblique Approach Booth (OAB), dan menyiagakan personil tambahan bantu tapping serta mobile reader untuk antisipasi kepadatan di GT.

Pemudik juga bisa menggunakan fasilitas pengisian e-toll di Kantor GT Kapuk, Akses Pluit, rest area KM 13+500 arah Tangerang, dan KM 14+000 arah Jakarta serta penyediaan kartu perdana e-toll di beberapa GT yakni GT Tomang, GT Halim, GT Cililitan, GT Senayang, GT Kapuk, dan GT Cengkareng. 

Pekerjaan Konstruksi 

Demi kelancaran mudik Lebaran, pekerjaan pemeliharaan yang berpotensi menimbulkan kepadatan lalu lintas di jalan tol akan diberhentikan sementara sejak H-10 sampai dengan H+10 selama periode libur Hari Raya Idulfitri 1443 H. 

PT Jasamarga Tollroad Maintenance (JMTM) akan menyiagakan petugas siaga tutup lubang dan petugas lainnya untuk memastikan kondisi saluran pembuangan dalam keadaan baik. Serta penyiagaan pompa mobile guna mengantisipasi adanya genangan air di jalan tol, dan menyiagakan water tank untuk ketersediaan air bersih dan antisipasi kebakaran. 

Rest Area

Dalam menghadapi pengguna jalan yang akan beristirahat di rest area, Jasa Marga bekerja sama dengan PT Jasamarga Related Business (JMRB) untuk memastikan kesiapan pelayanan di rest area dengan memastikan setiap rest area menerapkan protokol kesehatan, dan penambahan fasilitas toilet portabel, dan melakukan pengaturan parkir kendaraan.