Korporasi

Ini Rencana Penggunaan Dana IPO Dharma Polimetal, Salah Satunya Bangun Pabrik Baru

  • PT Dharma Polimetal mengincar sebanyak-banyaknya Rp437,65 miliar dana segar dari penawaran umum perdana saham atau Initial Public Offering (IPO). Sekitar 70% dana hasil IPO akan digunakan untuk belanja modal dalam rangka ekspansi bisnis Perseroan, termasuk untuk membeli mesin serta membangun pabrik baru.
Korporasi
Vega Aulia

Vega Aulia

Author

JAKARTA – PT Dharma Polimetal mengincar sebanyak-banyaknya Rp437,65 miliar dana segar dari penawaran umum perdana saham atau Initial Public Offering (IPO) sebanyak-banyaknya 705,88 juta saham atau setara 15% saham kepada publik. 

Dharma Polimetal adalah perusahaan manufaktur komponen kendaraan bermotor yang berbasis di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. 

Berdasarkan prospektus yang dirilis Jumat, 19 November 2021, sekitar 70% dana hasil IPO akan digunakan untuk belanja modal dalam rangka ekspansi bisnis Perseroan, termasuk untuk membeli mesin serta membangun pabrik baru sekitar 0,48 hektar pada lahan milik Perseroan saat ini di Cikarang, Jawa Barat.

Selanjutnya, sekitar 16% akan digunakan untuk penambahan setoran modal ke Perusahaan Anak yaitu PT Dharma Precision Parts dan PT Dharma Controlcable Indonesia.

Kemudian, sekitar 9% akan digunakan untuk penambahan kepemilikan Perseroan pada PT Dharma Poliplast melalui pembelian saham dari Thio Yudi Suherman sebanyak-banyaknya sebesar 44%, di mana saat ini kepemilikan saham Perseroan sebesar 55% dan akan meningkat menjadi sebanyak-banyaknya sebesar 99%.

Sedangkan sisanya, sekitar 5% akan digunakan untuk modal kerja Perseroan, yaitu untuk biaya operasional, pembelian bahan baku, dan untuk biaya perawatan mesin beserta perangkat pendukungnya.