Bandara Kertajati.
Nasional

Ini Sederet Fasilitas Bandara Kertajati Usai Beroperasi Penuh

  • Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati mulai beroperasi penuh menggantikan bandara Husein Sastranegara di Bandung pada Minggu, 29 Oktober 2023.
Nasional
Khafidz Abdulah Budianto

Khafidz Abdulah Budianto

Author

JAKARTA - Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati mulai beroperasi penuh menggantikan bandara Husein Sastranegara di Bandung pada Minggu, 29 Oktober 2023. Pengoperasian penuh Bandara Kertajati mengubah fungsi Bandara Husein Sasatranegara menjadi hanya melayani perjalanan pesawat turboprop dan pesawat jet tidak berjadwal. 

Usai pengalihan, BIJB Kertajati setiap harinya terdapat 16 penerbangan dengan kapasitas tempat duduk sebesar 4.680 pax per hari. Untuk melayani penerbangan dan penumpang tersebut, butuh berbagai fasilitas yang memadai agar penumpang nyaman dan aman. Lalu apa saja fasilitas terkini di Bandara Kertajati?

Dalam hal prasarana penerbangan, BIJB Kertajati memiliki luas sebesar 1.800 hektare. Lahan tersebut terbagi menjadi terminal penumpang seluas 121.000 meter persegi dan terminal kargo 90.000 meter persegi, serta panjang runway 3.000 meter x 60 meter, dikutip dari siaran pers Kemenhub, Senin 30 Oktober 2023.

Keberadaan runway pesawat yang panjang dan lebar itu dimaksudkan untuk memfasilitasi pendaratan pesawat besar seperti Boeing 777. Dengan begitu, penerbangan dari luar negeri baik dari Asia, Eropa, dan negara lainnya, bisa langsung mendarat di Jawa Barat.

Adapun fasilitas yang disediakan di dalam bangunan bandara terbagi menjadi beberapa kelompok. Pada kelompok perbankan, terdapat fasilitas berupa Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dari berbagai bank. 

Selain membuka ATM, berbagai bank itu juga membuka gerai money changer (penukaran uang) di BJIB Kertajati. Tentu ini memudahkan bagi para penumpang yang dari atau hendak ke luar negeri untuk menukarkan uang.

Kelompok kedua yaitu fasilitas umum. Bandara Kertajati menyediakan pojok baca (read corner) yang dilengkapi dengan buku, komputer, serta tempat duduk. Fasilitas ini cocok digunakan untuk penumpang yang ingin mengisi waktunya dengan bermanfaat.

Selanjutnya tersedia juga kursi pijat yang berada di lantai 2 ruang tunggu domestik. BIJB Kertajati juga menyediakan ruang untuk menyusui serta kamar mandi khusus penyandang disabilitas di bandaranya.

Kelompok ketiga yaitu Food & Baverage. Pada kelompok ini BIJB Kertajati menyediakan berbagai gerai makanan dari kelas café hingga makanan khas daerah. Terdapat gerai produk terkenal seperti Starbucks, Janji Jiwa, CFC, Roti O dan lainnya yang membuka outletnya di bandara tersebut. 

Bila ingin makanan biasa dapat mengunjungi food corner. Selain itu terdapat pula drink machine di bandara tersebut. Selanjutnya yaitu kelompok retail yang berisikan gerai terkenal seperti Indomaret Point, Alfa Express hingga beragam tokoh oleh-oleh makanan. Di bandara tersebut juga terdapat toko yang menjual souvenir dan perlengkapan lainnya.

Kemudian terdapat kelompok service. BIJB Kertajati tidak lupa memiliki fasilitas baggage wrapping dan layanan informasi serta reservasi antarmoda untuk memudahkan penumpang. 

Kelompok terakhir yang menghiasi fasilitas bandara ini yaitu keberadaan airport map (peta bandara) yang memudahkan penumpang untuk mengetahui posisinya berada. Peta ini memudahkan penumpang agar tidak tersasar atau salah lokasi saat berada di BIJB Kertajati.