<p>Ilustrasi Laptop Apple. / Pixabay</p>
Gaya Hidup

Ini Solusi Relaksasi Mata yang Kelelahan Akibat Sering Menatap Layar Gadget

  • Terlampau sering menatap layar gadget, baik komputer maupun handphone dapat membuat mata lelah.

Gaya Hidup
Aprilia Ciptaning

Aprilia Ciptaning

Author

JAKARTA – Terlampau sering menatap layar gadget, baik komputer maupun handphone dapat membuat mata lelah.

Apalagi di saat situasi pandemi, mayoritas pekerja melakukan work from home (WFH) sehingga durasi menatap layar menjadi lebih lama dari biasanya. Pasalnya, dalam hal meeting pun mesti dilakukan secara daring.

Jika diabaikan, kelelahan pada organ vital ini dapat menyebabkan mata sakit. Selain itu, akan berpengaruh terhadap jarak pandang dan kemampuan berkonsentrasi. Meskipun demikian, kasus mata lelah bisa diatasi melalui beberapa metode sederhana.

Sesekali, kita dapat mengistirahatkan mata dengan cara mengalihkan pandangan dari layar. Salah satu triknya dengan cara mengeset timer atau alarm dengan siklus kecil. Dengan kata lain, membagi waktu bekerja selama 15-20 menit, setelah itu diikuti dengan lima menit istirahat. Saat bekerja, jangan lupa juga untuk berkedip, ya.

Selain itu, selama bekerja utamakan fokus pada satu hal, disarankan untuk tidak multitasking. Sebab, mengerjakan beberapa hal sekaligus akan memengaruhi kinerja tubuh sehingga mata juga bisa ikut lelah.

Kemudian faktor luar seperti pencahayaan, ternyata juga berpengaruh terhadap mata. Oleh karena itu, sesuaikan pencahayaan dengan mengatur cahaya ruangan. Pencahayaan yang dimaksud yakni tidak terlalu redup atau tidak terlalu terang. Cara ini juga bisa sekaligus diterapkan pada pengaturan layar gadget.

Apabila mata Anda kering, ini juga akan membuat mata sakit. Menggunakan tetes mata adalah salah satu pilihan yang dapat digunakan untuk menjaga kelembaban mata. Sebab, cairan tetes tersebut berfungsi untuk memberikan pelumas sehingga dapat mencegah gejala mata sakit.

Terakhir, gunakan kacamata. Meskipun Anda tidak mengalami minus, tetapi ada pilihan kacamata dengan lensa radiasi yang dirancang khusus untuk melindungi mata dari sinar gadget. Dengan ini, Anda dapat mengurangi potensi sakit mata akibat terlalu lama bekerja di depan layar komputer. (SKO)