Nasional & Dunia

Inilah 10 Atlet dengan Pendapatan Tertinggi Pada 2019

  • JAKARTA-Olahraga tidak hanya melahirkan bintang, tetapi juga menciptakan orang-orang dengan penghasilan yang mengagumkan. Jutaan bahkan ratusan juta dolar bisa masuk ke rekening para atlet yang sebagian besar justru dari luar gaji mereka. Berikut 10 atlet dengan penghasilan tertinggi pada 2019 sebagaimana dirilis oleh Forbes. 10. Kevin Durant dari ($ 65,4 juta/sekitar Rp890 miliar) Durant, 31, […]

Nasional & Dunia
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

JAKARTA-Olahraga tidak hanya melahirkan bintang, tetapi juga menciptakan orang-orang dengan penghasilan yang mengagumkan. Jutaan bahkan ratusan juta dolar bisa masuk ke rekening para atlet yang sebagian besar justru dari luar gaji mereka.

Berikut 10 atlet dengan penghasilan tertinggi pada 2019 sebagaimana dirilis oleh Forbes.

10. Kevin Durant dari ($ 65,4 juta/sekitar Rp890 miliar)

Durant, 31, bergabung dengan Brooklyn Nets pada 2019 setelah tiga musim bersama Golden State Warriors. Dia menandatangani kontrak empat tahun senilai total US$ 164 juta, meskipun belum bermain untuk tim barunya karena menjalani operasi pada tendon achilles-nya.

Dia memiliki sebanyak 30 sponsor termasuk Gatorade, Beats by Dre, dan Nike, yang terakhir di mana dia menandatangani kontrak 10 tahun senilai US $ 300 juta pada tahun 2014.

9. Stephen Curry (US$ 79,8 juta/sekitar Rp1 triliun)

Stephen Curry yang bermain di Golden State Warrior memperolehUS $ 42 juta dari penawaran sponsornya antara Juni 2018 dan 2019. Yang terbaru adalah dengan Rakuten, yang membayarnya US$ 20 juta per tahun. Paket gaji US$ 31,8 juta per tahun merupakan sisa dari penghasilannya.

8. LeBron James (US$ 89 juta/ sekitar Rp1,2 triliun)

James adalah bola basket tersukses dalam mendapatkan uang. Menurut Forbes Dalam upahnya saja dia menghasilkan $ 36 juta antara Juni 2018 dan 2019, menurut Forbes.

Namun, penghasilannya di luar lapangan jauh lebih besar. Bintang Los Angeles Lakers mendapat US$ 53 juta dari kesepakatannya dengan Nike, Coca-Cola, dan Kia Motors.

7. Aaron Rodgers (US$ 89,3 juta/ sekitar Rp1,21 triliun).

Pemain NFL bergaji lebih besar daripada NBA atau MLB, dan Rodgers yang bermain di Green Bay Packers adalah salah satu penghasil uang terbesar. Gaji  quarterback Packers ini mencapai US $ 80 juta.

Di luar lapangan, pemain berusia 36 tahun itu menghasilkan US$ 9 juta dari kesepakatan dengan Adidas dan Ford dan beberapa perusahaan lain.

6. Russell Wilson (US$ 89,5 juta/ sekitar Rp1,22 triliun).

Seperti Rodgers, ia menghasilkan sebagian besar uangnya dalam gaji, membawa pulang gaji US$ 80,5 juta. Dan lagi-lagi seperti Rodgers, pemain Seattle Seahawks dia mendapat tambahan penghasilanm dari kesepakatan sponsor senilai US$ 9 juta dengan Nike, Microsoft, dan Bose.

5. Roger Federer (US$ 93,4 juta/ sekitar Rp1,27 triliun)

Roger Federer mungkin tidak pernah memenangkan gelar besar antara Juni 2018 dan 2019, tetapi ia masih menjadi petenis dengan penghasilan besar yang sebagian besar berkat tawaran sponsornya.

Antara periode itu, bintang Swiss itu membawa pulang US$ 86 juta dari kemitraannya dengan Credit Suisse, Mercedes-Benz, Rolex, dan banyak lagi.

Selain itu, ia juga memenangkan hadiah uang US$ 7,4 juta dari kemenangan turnamen di Dubai, Jerman, dan negara asalnya.

4. Saul Alvarez (US$ 94 juta/ sekitar Rp1,3 triliun)

Tidak ada atlet olahraga tarung lain yang nyaris menghasilkan apa yang dilakukan petinju Saul “Canelo” Alvarez sepanjang tahun lalu.

Alvarez asal Meksiko ini menandatangani US$ 365 juta, kesepakatan 11-pertarungan dengan layanan streaming DAZN pada akhir 2018, dan menerima sekitar US$ 50 juta dari dua pertandingan dengan Rocky Fielding dan Daniel Jacobs.

3. Neymar Jr (US$ 105 juta/ sekitar Rp1,43 triliun)

Neymar menjadi pemain sepak bola termahal di dunia pada tahun 2017 ketika ia bergabung dengan Paris Saint Germain dengan biaya US$ 263 juta. Pemain Brasil ini menandatangani kontrak lima tahun senilai $ 350 juta, yang berakhir pada 2022.

Dia juga salah satu olahragawan paling banyak diikuti di media sosial dengan lebih dari 200 juta pengikut di Instagram, Twitter, dan Facebook, yang berarti merek-merek seperti Nike, Gillette, dan Red Bull bersedia membayar mahal untuk diendors.

2.Cristiano Ronaldo (US$ 109 juta/ sekitar Rp1,48 triliun)

Ronaldo mendapatkan lebih banyak uang dari platform media sosial daripada yang dia dapatkan dari gajinya di Juventus – dia benar-benar seorang raja Instagram. Ronaldo menghasilkan sekitar US$ 1 juta per posting, mewakili merek-merek seperti Clear Haircare, Nike Football, dan Six Pad Europe. Meski begitu, gajinya juga tidak terlalu buruk. Dia mendapatkan US$ 65 juta tahun lalu.

1. Lionel Messi (US$ 127 juta/ sekitar Rp1,73 triliun)

Kontrak Messi dengan FC Barcelona, ​​yang berakhir pada 2021, membayarnya lebih dari US$ 80 juta per tahun.

Dia juga memiliki perjanjian lama dengan Adidas yang menghasilkan US$ 12 juta setiap tahunnya, sementara kemitraan lainnya dengan Pepsi dan Mastercard membuatnya menjadi atlet dengan bayaran tertinggi di dunia