Tekno

Inilah 10 Bajak Laut Paling Terkenal Sepanjang Sejarah

  • Perompak paling terkenal di dunia meneror tujuh lautan dan mengumpulkan kekayaan besar antara abad ke-16 dan ke-19.
Tekno
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

JAKARTA- Perompak paling terkenal di dunia meneror tujuh lautan dan mengumpulkan kekayaan besar antara abad ke-16 dan ke-19. Banyak dari penjarah kapal ini tetap terkenal hingga hari ini, tetapi mereka sangat berbeda dari bajak laut  bersahabat yang terlihat dalam film "Pirates of the Caribbean".

Banyak perompak paling terkenal dalam sejarah dimulai sebagai privateers. Ini adalah pelaut yang disewa di kapal perang swasta dan telah diberi izin untuk menyerang musuh negara mereka di laut dan mengganggu kapal komersial di zona yang ditentukan. 

Beberapa dari privateer ini juga menargetkan kapal dari negara mereka sendiri ketika iming-iming emas terlalu besar. 

Beberapa perompak sangat sukses sehingga mereka ditakuti di seluruh dunia dan menghasilkan jutaan dolar menurut standar saat ini. Berikut adalah 10 bajak laut paling terkenal sepanjang masa.

Lukisan Blackbeard selama pertempuran terakhirnya pada tahun 1718 oleh Jean Leon Gerome Ferris/Live Science

1. Blackbeard 

Blackbeard mungkin adalah bajak laut paling terkenal dalam sejarah, tetapi hidupnya diselimuti misteri. Banyak dari apa yang kita ketahui tentang dia dan bajak laut lain pada masanya berasal dari sebuah buku tahun 1724  yang diterbitkan dengan nama Kapten Charles Johnson. Buku tersebut berjudul "A General History of the Pyrates.

Buku itu mengatakan nama asli Blackbeard adalah Edward Thatch. Dia lahir di Bristol, Inggris dan bertugas sebagai prajurit selama Perang Suksesi Spanyol (1701 hingga 1714). Pada 1716, dia beralih ke perompakan di Laut Karibia dan lepas pantai Carolina Selatan dan Virginia di kapalnya, Queen Anne's Revenge.

Dia mendapatkan reputasi menakutkan selama Zaman Keemasan Pembajakan (sekitar 1650 hingga 1720). Menurut sejarawan dan jurnalis Colin Woodard  Blackbeard melakukan yang terbaik untuk menumbuhkan citra dan reputasi yang menakutkan.  “Ini mendorong musuhnya untuk menyerah tanpa perlawanan," kata Woodard kepada majalah All About History.

 Blackbeard terbunuh pada November 1718 setelah kapalnya disergap oleh angkatan laut Inggris di dekat Pulau Ocracoke di Carolina Utara.

Bajak laut Ching Shih/Future

2. Ching Shih

Salah satu perompak paling sukses dalam sejarah adalah seorang wanita bernama Ching Shih. Dia terkadang disebut Cheng I Sao atau Zheng Yi Sao. 

Lahir dalam kemiskinan  di Guangzhou, China pada akhir abad ke-18, Shih adalah seorang pekerja seks sampai dia menikah dengan seorang bajak laut bernama Ching I pada tahun 1801. Dari sini dia mengambil nama Ching Shih, yang berarti "istri Ching". 

Dian Murray, seorang profesor emeritus sejarah di Universitas Notre Dame di Indiana  dalam sebuah artikel tahun 1981 di jurnal Historical Reflections menulis pasangan ini mengkonsolidasikan kendali atas geng bajak laut saingan di kawasan itu menjadi sebuah konfederasi

Ching meninggal pada tahun 1807, dan Shih menguasai satu-satunya konfederasi bajak laut. Menurut Murray, Shih mendapatkan kendali atas para perompak melalui aliansi yang hati-hati dan kode hukum yang ketat. "Kodenya berat. Siapa pun yang ketahuan memberikan perintah sendiri atau tidak mematuhi perintah atasan langsung dipenggal," tulis Murray.

Di puncak kekuasaannya, Shih, juga disebut "Ratu Bajak Laut", mengendalikan 1.200 armada kapal yang diawaki oleh sekitar 70.000 perompak. Shih membubarkan konfederasi pada tahun 1810 dan menegosiasikan kesepakatan penyerahan  dengan pemerintah Tiongkok. Tidak hanya para perompak diampuni atas kejahatan mereka, tetapi beberapa diizinkan untuk mempertahankan kapal mereka dan bergabung dengan angkatan laut Tiongkok. Beberapa bahkan mengambil posisi di pemerintahan, tulis Murray.

Sir Francis Drake/Wikipedia

3. Sir Francis Drake

Sir Francis Drake adalah bangsawan bagi sebagian orang dan bajak laut jahat bagi yang lain. Menurut BBC lahir di Devon, Inggris sekitar tahun 1540, Drake menjadi orang pertama dari Inggris yang mengelilingi dunia. Meski, prestasi ini bukanlah eksplorasi terencana melainkan produk sampingan dari tujuannya untuk menyerang kapal Spanyol di Amerika.

Eksploitasi Drake sah dari sudut pandang Inggris karena Spanyol telah mengklaim seluruh wilayah New World dan Inggris menginginkannya. Tetapi bagi Spanyol, Drake adalah pencuri bajak laut yang mengancam yang mereka juluki "El Draque", atau "Naga".

Drake membawa kembali banyak harta dari pelayarannya dan berbagi kekayaannya dengan Ratu Elizabeth I. Dia juga seorang komandan angkatan laut terkemuka yang berperang melawan Armada Spanyol yang merupakan bagian dari upaya gagal untuk menyerang Inggris dan menggulingkan ratu pada tahun 1588.

Elaine Murphy  seorang profesor sejarah maritim dan angkatan laut di Universitas Plymouth di Inggris, menulis dalam sebuah artikel di situs web universitas  warisan Drake semakin diperkeruh oleh keterlibatannya dalam perbudakan. 

Dia membantu memulai perdagangan budak Inggris di Afrika dengan melakukan beberapa perjalanan ke Guinea dan Sierra Leone dengan sepupunya dan komandan angkatan laut Sir John Hawkins. Dia kemudian memperbudak hingga 1.400 orang Afrika. Drake meninggal karena disentri di lepas pantai Panama pada tahun 1596.

Ilustrasi Samuel Bellamy dengan bangkai kapal Whydah dari serial Pirates of the Spanish Main (N19) untuk Allen & Ginter Cigarettes, tertanggal sekitar tahun 1888.

4. Samuel Bellamy 

Samuel Bellamy hidup sampai usia 28 tahun, tetapi dia membuat membangun reputasinya selama hidupnya yang singkat. Kemungkinan lahir di Devon pada akhir abad ke-17, Bellamy mulai bekerja di laut lepas pada awal Perang Suksesi Spanyol. Saat itu dia berusia 13 tahun dan kemudian menjadi kapten bajak laut.

Sebagai bajak laut, Bellamy menangkap 53 kapal, termasuk Whydah Gally, sebuah kapal budak yang membawa kekayaan berupa emas, perak, dan barang lainnya. Whydah Gally telah meninggalkan Inggris pada tahun 1716 dan membawa 312 orang yang diperbudak dari pantai barat Afrika ke Jamaika. Bellamy merebut kapal itu saat kembali ke Inggris

Dia kemungkinan besar adalah bajak laut berpenghasilan tertinggi sepanjang masa. Forbes  melaporkan pada tahun 2008 dia menangkap barang rampasan senilai sekitar US$120 juta dalam nilai dolar tahun 2008. Bellamy menjadikan Whydah Gally kapal andalannya pada tahun 1717, tetapi ia tenggelam bersamanya dalam badai pada tahun yang sama.

Julukannya adalah "Black Sam" Bellamy karena dia mengenakan wig hitam yang diikat ke belakang dengan pita hitam. Bellamy juga menyebut dirinya sebagai "Robin Hood of the Sea" dengan mencuri dari orang kaya. Menurut New England Historical Society, dia menjalankan kapalnya secara demokratis, memperlakukan anggota awaknya secara setara dan menyelamatkan nyawa para tawanan.

Lukisan Kapten Bartholomew Roberts, atau Black Bart, di pantai Guinea.

5. Black Bart 

Bartholomew Roberts, dijuluki "Black Bart", adalah seorang bajak laut abad ke-18 yang tinggi, tampan, dan berpakaian flamboyant. Dia berasal  dari Wales dan awalnya bekerja di kapal dagang. Dia kemudian memilih   menjadi bajak laut dan segera terpilih sebagai kapten kapal.

Menurut Royal Museums Greenwich Roberts merampok lebih dari 400 kapal selama masa hidupnya, termasuk di Karibia dan lepas pantai Afrika. Dia sering mengambil kapal budak dan kemudian meminta emas dari kapten mereka sebagai imbalan atas pengembalian mereka. Ketika salah satu kapten menolak, Roberts dilaporkan membakar kapal dengan 80 budak yang terperangkap di dalamnya.

Kejahatan Black Bart berakhir pada 1722 ketika dia dibunuh oleh angkatan laut Inggris di lepas pantai Gabon di Afrika Tengah Barat. Sementara anggota krunya terlalu mabuk untuk mempertahankan kapal. Sebanyak 52 anggota krunya kemudian digantung setelah persidangan bajak laut terbesar yang pernah diadakan.

Lukisan Kapten Kidd menyambut seorang wanita ke kapalnya di Pelabuhan New York oleh Jean Leone Gerome Ferris.

6. Kapten Kidd

William Kidd, sering dikenal sebagai Kapten Kidd, terkenal berjalan di garis kabur antara privateer dan bajak laut. Lahir di Skotlandia sekitar tahun 1645, Kidd dipekerjakan sebagai privateer oleh pemerintah Inggris pada tahun 1689 dan bahkan ditugaskan untuk menangkap bajak laut. Namun, dia sendiri akhirnya digantung karena pembunuhan dan pembajakan.

Menurut Britannica Kidd terkenal menangkap kapal dagang, Quedagh Merchant di lepas pantai barat India pada tahun 1698. Kapal itu penuh dengan emas, perak, sutra dan satin yang berharga, serta barang dagangan India lainnya. 

Mengetahui dia telah dicap sebagai bajak laut, Kidd meninggalkan kapal di Karibia pada tahun 1699, pergi ke New York untuk membersihkan namanya serta ditangkap. Puing-puing Quedagh Merchant ditemukan pada tahun 2007.

Sejarawan tidak setuju apakah Kidd benar-benar bersalah atas pembajakan. Namun demikian, dia dieksekusi di London pada 1701. Pihak berwenang kemudian menggantung tubuhnya di sangkar logam di Sungai Thames selama tiga kali air pasang. Konon untuk mencegah pelaut yang lewat dari pembajakan.

Lukisan berwarna dari Sir Henry Morgan di Karibia. (Kredit gambar: Klub Budaya / Kontributor melalui Getty Images)

7.  Sir Henry Morgan

Peminum rum akan akrab dengan Sir Henry Morgan.  Potretnya muncul di bagian depan botol rum "Captain Morgan". 

Morgan lahir di Wales sekitar tahun 1635 dan pergi ke Karibia sebagai buruh pada tahun 1655. Menurut Dictionary of Welsh Biography setelah menyelesaikan pekerjaan kontraknya di Barbados, Morgan mencari peruntungan di Jamaika dan dengan cepat beralih ke pembajakan.

Morgan menikah dengan sepupunya Elizabeth Morgan pada tahun 1665, yang juga merupakan putri dari wakil gubernur Jamaika. Sejak 1666, dia memimpin kapalnya sendiri sebagai privateer.  

Morgan bertempur di darat maupun di laut. Dia menyerbu kota-kota di sepanjang pantai Meksiko, Panama, dan Kuba.  Hadiahnya termasuk emas, perak, dan permata, dan dia juga menangkap dan menjual budak. 

Morgan tampaknya telah dianugerahi gelar kebangsawanan oleh Raja Charles II dari Inggris pada tahun 1674, meskipun menjadi tahanan karena perbuatannya beberapa tahun sebelumnya. Ini menunjukkan seberapa cepat kekayaan bisa berubah untuk bajak laut dan prajurit selama Zaman Keemasan Perompakan.

Morgan meninggal karena sebab alami pada tahun 1688. Pada saat kematiannya, Morgan memiliki tiga perkebunan, dan perkebunannya di Jamaika memiliki 131 orang yang diperbudak, termasuk 33 anak laki-laki, perempuan atau anak-anak.

Lukisan berwarna dari Anne Bonny (kiri) dan Mary Read.

8. Anne Bonny

Anne Bonny (atau Bonney) adalah bajak laut wanita yang sama mengancamnya dengan rekan prianya. Bahkan bisa lebih berbahaya. Menurut Royal Museums Greenwich, putri seorang pemilik perkebunan, Bonny lahir di Irlandia pada tahun 1698 sebelum pindah ke South Carolina.  Dia meninggalkan hidupnya ke Karibia pada awal 1700-an dan pergi ke lautan terbuka. Bonny mulai membajak dengan menyamar sebagai pria di kapal Calico Jack Rackham, seorang bajak laut yang diampuni.

9. Mary Read

Bonny tidak sendirian dalam pembajakannya.  Dia memiliki pasangan, Mary Read, yang juga merupakan bagian dari kru Rackham. Read lahir di London dan juga berpakaian seperti laki-laki. Dia sedang bekerja di kapal lain ketika ditangkap oleh Rackham, jadi dia bergabung dengan kru Rackham.

Bonny dan Read menjadi teman, menjarah bersama di laut lepas. Mereka mengenakan jaket dan celana panjang, dan bertarung dengan parang di satu tangan dan pistol di tangan lainnya. Seorang korban pembajakan bersaksi bahwa mereka sangat aktif di kapal dan "bersedia melakukan apa saja",.

Kapal dan awak Rackham ditangkap di lepas pantai Jamaika pada tahun 1720 dan diadili, tetapi Bonny dan Read terhindar tiang gantungan karena keduanya hamil.  Read meninggal di penjara karena demam, sedangkan Bonny selamat. Ayahnya membebaskannya dari penjara dan membawanya kembali ke Carolina Selatan, tempat dia tinggal sampai usia 84 tahun.

Ilustrasi Charles Vane dari serial Pirates of the Spanish Main untuk Allen & Ginter Cigarettes, tertanggal sekitar tahun 1888

10. Charles Vane

Charles Vane adalah sosok misterius di Zaman Keemasan Pembajakan. Tanggal dan tempat lahirnya tidak diketahui, tetapi catatan sejarah melukiskannya sebagai bajak laut yang berani dan kejam. 

Menurut Oxford Dictionary of National Biography  dia pertama kali tercatat pada awal abad ke-18 dengan  menjarah orang Spanyol yang menyelamatkan perak dari reruntuhan armada Spanyol di Teluk Florida.  Dari sana, dia didokumentasikan menyerang berbagai kapal di laut lepas.

Suatu ketika, saat terpojok oleh angkatan laut Inggris, Vane membakar kapal andalannya dan mengirimkannya langsung ke armada Inggris. Menurut The National Archives London kapal yang terbakar menyebabkan gangguan yang cukup bagi Vane untuk melarikan diri dan menghindari penangkapan.

Kru Vane akhirnya memindahkannya dari kapal komando  dan dia terdampar di pulau tak berpenghuni di Karibia setelah badai menghancurkan satu-satunya kapalnya yang tersisa. Dia diselamatkan tetapi segera diidentifikasi dan digantung karena kejahatannya di Jamaika pada tahun 1721.

Vane bukanlah bajak laut terkaya, tetapi dia masih mengumpulkan setara dengan US$2,3 juta pada akhir karirnya, berdasarkan perkiraan tahun 2008 yang dilaporkan oleh Forbes.