Pemandangan di Singapura (Reuters/Caroline Chia)
Dunia

Inilah 10 Negara Terkaya di Dunia per Oktober 2024

  • Produk Domestik Bruto (PDB) mengukur nilai total semua barang dan jasa yang diproduksi di suatu negara. Dengan membagi angka ini dengan jumlah penduduk, kita memperoleh PDB per kapita, yang menunjukkan pendapatan rata-rata penduduk suatu negara.

Dunia

Distika Safara Setianda

JAKARTA – Meskipun negara-negara seperti Amerika Serikat (AS), China, India, atau Jerman sering mendominasi peringkat ekonomi, Amerika Serikat adalah satu-satunya 10 ekonomi teratas yang muncul mendekati puncak peringkat PDB per kapita.

Dilansir dari en.channeliam.com, Produk Domestik Bruto (PDB) mengukur nilai total semua barang dan jasa yang diproduksi di suatu negara. Dengan membagi angka ini dengan jumlah penduduk, kita memperoleh PDB per kapita, yang menunjukkan pendapatan rata-rata penduduk suatu negara.

Untuk menyempurnakan estimasi ini, Paritas Daya Beli (PPP) digunakan untuk memperhitungkan perbedaan biaya hidup dan tingkat inflasi. Dan berikut 10 negara terkaya di dunia. Yuk, simak artikel berikut!

Daftar Negara Terkaya di Dunia

Dilansir dari Forbes India, berikut negara terkaya di Dunia per Oktober 2024:

1. Luksemburg

PDB: US$88,56 miliar

Pangsa PDB dunia berdasarkan PPP: 0,05%

Populasi: 639.000

Luksemburg dengan PDB per kapita yang tinggi dan sektor keuangan yang kuat, merupakan negara terkaya di dunia. Negara ini dikenal karena menggunakan kekayaannya untuk menjamin standar hidup, layanan kesehatan, dan pendidikan yang lebih baik bagi penduduknya.

Selain itu, Luksemburg merupakan salah satu tujuan wisata utama dunia, terkenal dengan kastil-kastilnya yang indah, pepohonan hijau yang rimbun, dan kanal-kanal yang indah. Negara ini juga merupakan salah satu negara pertama yang menyediakan transportasi umum gratis dan memiliki upah minimum tertinggi di dunia.

2. Makau

PDB: US$54,68 miliar

Pangsa PDB dunia berdasarkan PPP: 0,05

Populasi: 695.168

Daerah Administratif Khusus Makau adalah wilayah administratif khusus China, dan kekayaannya terutama berasal dari lebih dari 40 kasino, yang menjadikannya salah satu tujuan wisata utama di dunia. Makau adalah koloni Eropa pertama dan terakhir di Asia.

Meskipun mengalami pukulan hebat selama krisis COVID-19 karena pembatasan perjalanan dan karantina wilayah yang sering terjadi, ekonominya pulih dengan cepat berkat pendekatan kapitalisnya yang khas, yang berbeda dari hukum China daratan.

3. Irlandia

PDB: US$564,02 miliar

Pangsa PDB dunia berdasarkan PPP: 0,38%

Populasi: 5,03 juta

Setelah krisis keuangan besar tahun 2008, Irlandia berupaya keras untuk mereformasi industri perbankannya. Negara ini memulai langkah-langkah seperti pemotongan upah sektor publik untuk mengembalikan perekonomiannya ke kondisi saat ini.

Di sisi lain, Irlandia adalah salah satu surga pajak perusahaan terbesar di dunia, dengan perusahaan multinasional (seperti Apple, Google, dan Microsoft) yang menyumbang lebih dari 50% bagi perekonomian Irlandia dalam beberapa tahun terakhir.

4. Singapura

PDB: US$525,23 miliar

Pangsa PDB dunia berdasarkan PPP: 0,43%

Populasi: 5,45 juta

Singapura merupakan salah satu pusat bisnis dan perdagangan terbesar di dunia. Negara ini memiliki banyak individu dengan kekayaan bersih tinggi di antara penduduknya. Perekonomian telah mengalami beberapa pukulan berturut-turut dalam beberapa tahun terakhir, dengan pandemi pada awalnya dan kemudian ekonomi China yang terpuruk menjadi mitra dagang penting bagi sektor manufaktur Singapura.

5. Qatar

PDB: US$244,69 miliar

Pangsa PDB dunia berdasarkan PPP: 0,18%

Populasi: 2,93 juta

Qatar (dan juga UEA) masuk dalam daftar 10 negara dengan perekonomian teratas berdasarkan peringkat PDB per kapita untuk tahun 2024, yang sebagian besar diuntungkan oleh cadangan sumber daya alamnya. Qatar memiliki cadangan gas terbesar ketiga di dunia.

Cadangan minyak dan gas alam Qatar sangat besar dibandingkan dengan jumlah penduduknya, yang menjadikannya salah satu negara terkaya. Qatar juga meningkatkan perekonomiannya di sektor lain, seperti menjadi tuan rumah FIFA 2022 yang memberikan dorongan besar bagi pariwisata dan perekonomian Qatar.

6. Uni Emirat Arab

PDB: US$527,8 miliar

Pangsa PDB dunia berdasarkan PPP: 0,51%

Populasi: 9,99 juta

Setelah Turki dan Arab Saudi, UEA memiliki ekonomi terbesar ketiga di Timur Tengah. UEA sangat diuntungkan oleh sumber daya alamnya, meskipun tidak memiliki sungai permanen. Hanya 20% penduduknya yang merupakan penduduk asli, sedangkan sisanya tertarik oleh manfaat ekonomi seperti gaji bebas pajak.

Selain sektor hidrokarbonnya, pariwisata, keuangan, dan konstruksi merupakan industri yang menguntungkan di UEA. Negara ini berupaya keras untuk menjadi pusat sosial dan budaya, yang dicontohkan dengan menjadi tuan rumah Dubai Expo 2020 (diselenggarakan pada tahun 2021-2022 karena adanya pembatasan wilayah) dan merencanakan Expo lainnya pada tahun 2025 mendatang.

7. Swiss

PDB: US$938,46 miliar

Pangsa PDB dunia berdasarkan PPP: 0,44%

Populasi: 8,70 juta

Sebagai salah satu pusat wisata terbesar di dunia, Swiss juga memiliki sektor keuangan yang ramai. Negara ini juga diuntungkan oleh ekspor logam mulia, instrumen presisi, dan mesin seperti komputer dan peralatan medis. Sekitar 74% PDB Swiss berasal dari sektor jasa dan 25% dari industri, dengan kurang dari 1% dari sektor pertanian. Swiss juga memiliki tarif PPN terendah di Eropa.

8. San Marino

PDB: US$2,03 miliar

Pangsa PDB dunia berdasarkan PPP: 0%

Populasi: 33.580

San Marino adalah republik tertua di Eropa dan kelima terkecil di benua itu. Tarif pajak penghasilan di sini sangat rendah, yang berkontribusi terhadap kekayaan yang dimiliki warga negaranya. Negara ini adalah salah satu dari sedikit negara di dunia yang tidak memiliki Utang Nasional hingga tahun 2024.

Karena terkurung daratan oleh Italia, San Marino memiliki pengaruh budaya Italia yang cukup besar dan juga merupakan salah satu negara paling indah yang menawarkan pariwisata, dengan wisatawan dari seluruh dunia yang mengunjungi negara ini.

9. Amerika Serikat

PDB: US$28,78 triliun

Pangsa PDB dunia berdasarkan PPP: 15,5%

Populasi: 332 juta

Jika Anda bertanya-tanya tentang PDB per kapita AS, negara itu jelas masuk dalam daftar 10 ekonomi teratas berdasarkan PDB per kapita PPP, meskipun berada di peringkat yang lebih rendah. Selain menjadi entitas ekonomi yang dominan, Amerika juga didukung oleh kemampuan militernya.

10. Norwegia

PDB: US$526,95 miliar

Porsi PDB dunia berdasarkan PPP: 0,25%

Populasi: 5,41 juta

Norwegia kembali menjadi penyedia minyak bumi teratas di wilayah Eropa Barat. Negara ini telah membuat kemajuan finansial yang baik setelah ekonominya jatuh selama krisis Covid-19. Norwegia memiliki dana kekayaan negara sebesar US$1,3 triliun untuk menangani krisis apa pun dengan segera, yang juga merupakan yang terbesar di dunia.

Itu dia 10 negara terkaya di dunia. Semoga bermanfaat!