Adanya ChatGPT Bikin Penulis Konten Terancam? Jangan Khawatir, Ini Cara Mengungguli Chatbot AI
Tekno

Inilah 3 Kesalahan Penggunaan ChatGPT yang Harus Dihindari untuk Membuat Konten

  • Inilah beberapa kesalahan penggunaan ChatGPT yang harus Anda hindari.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Anda tentu tidak meragukan lagi kemampuan ChatGPT apalagi untuk membuat narasi, teks, atau konten. Kemampuan ChatGPT untuk menghasilkan konten dalam waktu yang singkat ini membuatnya jadi semakin populer bagi kalangan content creator.

Akan tetapi, seperti teknologi canggih lainnya, teknologi AI seperti ChatGPT dapat disalahgunakan. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui apa saja kesalah penggunaan ChatGPT yang harus dihindari untuk membuat konten.

Kesalahan Penggunaan ChatGPT

Kesalahan Penggunaan ChatGPT

1. Terlalu Bergantung pada ChatGPT

Ketika Anda menggunakan ChatGPT untuk pertama kali, Anda akan takjub ketika melihat kemampuannya yang hebat dan sangat cepat. Apa yang dulu membutuhkan waktu berjam-jam untuk Anda buat, sekarang hanya membutuhkan waktu beberapa detik saja.

Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, Anda mungkin akan jadi sangat bergantung pada ChatGPT. Bahkan Anda mungkin tidak akan mau lagi melakukan pengeditan atau meneliti hasil konten dari ChatGPT.

Namun, ada baiknya jika Anda tetap mandiri dan tidak selalu bergantung dengan ChatGPT. Apalagi jika Anda melewatkan proses cross check ulang, maka bisa jadi konten atau informasi yang Anda hasilkan tidak akurat dan akhirnya justru membagikan informasi yang salah.

2. Meminta ChatGPT Melampirkan Tautan Riset

Anda mungkin bisa meminta ChatGPT menuliskan teks atau narasi dengan bahasa yang rapi dan personal. Akan tetapi, Anda mungkin akan kecewa ketika meminta tautan interket ke suatu sumber penelitian dari ChatGPT. Hal ini bisa jadi ChatGPT akan memberi Anda tautan atau link, tapi link tersebut mungkin salah atau belum tentu yang terbaik.

3. Menggunakan Prompt yang Tidak Efektif

Apakah Anda pernah kesulitan mendapatkan respons terbaik dari ChatGPT saat membuat konten? Hal ini bisa jadi karena Anda menggunakan prompt yang salah sehingga hasilnya tidak efektif. Penting bagi Anda untuk memberikan konteks dan instruksi yang tepat agar ChatGPT mampu melakukan tugas yang Anda berikan. 

Itu tadi beberapa kesalahan penggunaan ChatGPT yang harus Anda hindari.