<p>Emiten pertambangan mineral PT Ifishdeco Tbk (IFSH) memasang target penjualan nikel sebesar dua juta ton pada 2021. / PT Bursa Efek Indonesia (BEI)</p>
Korporasi

Inilah 5 Agenda Utama RUPS Ifishdeco 7 Juni 2021

  • Emiten pertambangan mineral PT Ifishdeco Tbk (IFSH) akan menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) pada 7 Juni 2021

Korporasi
Aprilia Ciptaning

Aprilia Ciptaning

Author

JAKARTA – Emiten pertambangan mineral PT Ifishdeco Tbk (IFSH) akan menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) pada 7 Juni 2021.

Dalam pengumuman yang disampaikan perseroan di PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin, 17 Mei 2021, agenda tersebut akan dilaksanakan di Grand Sahid Jaya, Candi Kalasan 1,2 Room Jalan Jenderal Sudirman Kav.86, Jakarta Pusat.

Manajemen menyebut, RUPS tersebut hanya berhak dihadiri oleh mereka yang namanya tercatat dalam Daftar Pemegang Saham (DPS) per tanggal 11 Mei 2021.

Ada lima agenda yang menjadi pembahasan. Pertama, persetujuan laporan keuangan tahunan yang berakhir 2020. Kedua, persetujuan penggunaan laba bersih. Ketiga, persetujuan penunjukkan akuntan publik dan/atau kantor akuntan publik.

Adapun agenda dua terakhir, yakni penetapan remunerasi bagi anggota direksi dan dewan komisaris perseroan, serta persetujuan laporan realisasi penggunaan dana.

Pasang Target Penjualan Nikel 2 Juta Ton

Sebagai informasi, IFSH pada tahun ini memasang target penjualan nikel sebesar dua juta ton. Angka tersebut jauh lebih tinggi 155,8% dibandingkan dengan perolehan 2020 yang sebesar 781.767 ton.

Direktur Ifishdeco Muhammad Ishaq pun memprediksi pendapatan yang bakal diraup dari penjualan tersebut mencapai Rp1,01 triliun.

“Penjualan tiga bulan terakhir ini sudah mencapai 100.000 ton.  Kami siap untuk mengejar target penjualan sebesar dua juta ton,” ungkapnya dalam keterangan tertulis yang dikutip TrenAsia.com, Jumat, 26 Maret 2021.

Selain itu, Ishaq juga optimistis smelter domestik dapat menyerap penjualan bijih nikel secara optimal pada tahun ini. Untuk mengejar target tersebut, pihaknya mengaku telah merevitalisasi sejumlah infrastruktur. Salah satunya fasilitas jetty atau dermaga pada Januari 2021.

Jika sebelumnya dermaga perseroan hanya dapat menampung kapal tongkang kecil, kata dia, dengan revitalisasi tersebut kapasitasnya bisa bertambah lebih besar.

“Jadi, jumlah pengirimannya juga berpotensi lebih besar,” tambahnya. Selain itu, IFSH juga berencana untuk mengakuisisi lahan tambang baru untuk memperbesar cadangan nikel perseroan.

Namun, Ishaq tidak menjelaskan secara detail rencana ekspansi tersebut. Sejauh ini, ungkapnya, belum ada negosiasi yang final terkait akuisisi tersebut.

“Kami masih mencari sehingga belum bisa menjelaskan hal itu. Ke depan, jika ada aksi korporasi pasti akan kami publikasikan,” tuturnya.

Pendapatan Merosot

Diketahui, pendapatan IFSH sepanjang 2020 (unaudited) hanya sebesar Rp395,01 miliar. Nilai ini merosot 63,5% year-on-year (yoy) dibandingkan dengan 2019 yang mencapai Rp1,085 triliun.

Menurut Ishaq, penurunan kinerja ini disebabkan oleh katalis negatif, terutama pandemi COVID-19. Selain itu, penghentian ekspor bijih nikel yang ditetapkan oleh pemerintah juga ikut mempengaruhi kinerja perseroan.

Adapun laba bersih setelah pajak juga menyusut 95,4% yoy dari Rp97,3 miliar pada 2019 menjadi Rp4,4 miliar pada 2020. Begitu pula dengan total aset yang turun 5,05% yoy menjadi Rp1,13 triliun, dari sebelumnya Rp1,19 triliun.