Croffle
Gaya Hidup

Inilah 5 Makanan Kekinian yang Jadi Tren Sepanjang Tahun 2021

  • Inilah deretan makanan kekinian yang menjadi tren sepanjang tahun 2021
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Tahun 2021 pandemi COVID-19 masih melanda di berbagai wilayah di Indonesia. Hal ini tentu membuat para pengusaha kuliner memutar otak untuk membuat berbagai macam makanan agar cocok untuk gaya hidup yang kini harus diterapkan saat masa new normal ini. 

Beberapa makanan yang jadi tren sepanjang tahun 2021 ini pada umumnya lebih praktis, bisa dibawa pulang, bahkan bisa dikirimkan ke orang-orang terdekat sebagai sebuah bingkisan atau hampers.

Untuk Anda yang ingin memulai usaha di bidang kuliner, tidak ada salahnya untuk menyimak tren makanan kekinian sepanjang tahun 2021 untuk mengetahui apa saja yang disukai oleh konsumen. Berikut 5 makanan kekinian yang menjadi tren sepanjang tahun 2021.

Croffle

Croffle/Foto: Freepik.com

Anda tentu sudah tidak asing lagi mendengar nama Croffle. Istilah Croffle sendiri berasal dari dua kata yaitu croissant dan waffle. Ya, makanan ini sebetulnya menggunakan adonan untuk membuat croissant. 

Namun, adonan ini justru dicetak di cetakan waffle sehingga menghasilkan tekstur kotak-kotak seperti waffle. Berbeda dengan waffle yang lebih lembut dan empuk, croffle memiliki tekstur seperti croissant yang renyah. Tidak heran jika banyak orang yang menyukai croffle. 

Permen Dalgona

Permen Dalgona di Squid Game/Foto: Instagram.com/netflixkr

Permen Dalgona sebetulnya sudah ada sejak dulu di Korea. Permen Dalgona sendiri merupakan permen tradisional masyarakat Korea Selatan. Dalgona memiliki nama lain Ppopgi, dan dibuat dari gula yang dimasak sampai mengental dan berwarna cokelat serta ditambah dengan soda kue. 

Namun, pada tahun 2021 ini permen Dalgona kembali menjadi tren karena serial Squid Game. Salah satu permainan yang dimainkan oleh peserta di Squid Game menggunakan permen Dalgona. 

Vietnam Spring Roll

Vietnam Spring Roll/Foto: Freepik.com/topntp26

Pada saat pandemi seperti sekarang, membuat banyak orang menjadi waspada dan lebih memperhatikan soal makanan yang berpengaruh pada kesehatan tubuh. Oleh karena itu, banyak orang yang mulai mengolah sayuran menjadi berbagai macam sajian makanan yang enak dikonsumsi sekaligus bergizi, salah satunya yaitu Vietnam Spring Roll.

Vietnam Spring Roll bisa digunakan sebagai camilan yang menyehatkan serta cocok bagi Anda yang sedang diet. Hal ini karena Vietnam Spring Roll terbuat dari berbagai sayuran dan buah segar, ditambah daging, ikan, atau udang yang kemudian dibungkus dengan rice paper seperti lumpia. Vietnam Spring Roll juga mudah untuk dibawa pulang dan dikirim sebagai bingkisan kepada orang terdekat.

Olahan Makanan dengan Mentai

Mentai adalah saus khas Jepang yang sering ditambahkan dalam berbagai jenis makanan. Awalnya, tren ini berasal dari makanan salmon mentai. Namun, sekarang ada berbagai jenis makanan yang menggunakan saus mentai ini seperti dimsum mentai, roti mentai, cake mentai, mie mentai, sampai shirataki mentai.

Dimsum

Dimsum/Foto: Pexels.com/Terence Koh

Dimsum sebetulnya sudah ada sejak dulu di Indonesia. Namun, awal tahun 2021 ini dimsum kembali menjadi tren. Hal ini karena dimsum mudah untuk diolah, karena cukup dikukus dan disajikan dengan saus atau sambal. 

Selain itu, dimsum juga mudah untuk didapatkan dan dijual karena bisa dikemas dalam bentuk frozen sehingga cocok untuk dikirim sebagai bingkisan atau stok cemilan di rumah selama PPKM.

Itu tadi makanan yang tren selama 2021, dari kelima makanan tersebut, makanan apa yang belum Anda coba?