<p>Suasana karyawan bekerja di kantor Bank Mandiri, Jakarta, Senin, 14 September 2020. Bank Mandiri menyesuaikan kantor cabang operasional di Wilayah DKI Jakarta menyusul Kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara penuh untuk mengerem laju penambahan kasus Covid-19. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Gaya Hidup

Inilah 7 Pekerjaan yang Akan Tetap Aman Meski Terjadi Resesi

  • Inilah beberapa pekerjaan yang tetap aman meski terjadi kondisi resesi.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Kondisi resesi dapat menimbulkan perlambatan ekonomi yang mungkin memicu para pemilik usaha melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK). Bahkan, resesi juga dapat menimbulkan beberapa perusahaan mengalami kebangkrutan.

Hal tersebut tentu membuat banyak orang jadi khawatir, apakah pekerjaan yang ditekuni saat ini masih bisa dipertahankan ketika resesi. Seperti yang dilansir dari laman Reader’s Digest, industri yang akan mengalami pertumbuhan tahunan tercepat biasanya yaitu perawatan kesehatan dan bantuan sosial, layanan pendidikan swasta, dan konstruksi.

Sedangkan menurut The Balance Career, ketika memasuki kondisi ekonomi yang sulit, pekerjaan yang masih memiliki prospek yang jelas yaitu pekerjaan yang memiliki fungsi vital bagi masyarakat. 

Berikut beberapa pekerjaan yang akan tetap aman meski terjadi resesi.

1. Ahli Terapi

Ahli terapi seperti terapis okupasi bertugas membantu seseorang untuk memulihkan dan meningkatkan keterampilan motorik setelah mengalami penyakit atau trauma fisik. 

2. Analis Keamanan Jaringan

Permintaan posisi pakar keamanan untuk jaringan dan sistem komputer terutama di organisasi nirlaba, lembaga pemerintah, lembaga keuangan, dan perawatan kesehatan akan terus meningkat. Hal ini diprediksi akibat meningkatnya pelanggaran data secara besar-besaran, sehingga permintaan analis keamanan jaringan tampaknya akan semakin meningkat.

3. Ahli Statistik

Ahli statistik merupakan pakar matematika yang bertugas menganalisis data untuk memprediksi dan memberikan data kepada pebisnis atau organisasi. Untuk menjadi ahli statistik, maka Anda perlu mendapatkan gelar dari jurusan matematika atau statistik.

4. Praktisi Keperawatan

Praktisi perawat bertugas mengkoordinasi dan memberikan perawatan kesehatan primer dan khusus untuk pasien. Perawatan kesehatan tentu menjadi kebutuhan primer setiap orang, oleh karena itu rumah sakit membutuhkan perawat yang cukup agar dapat melayani kebutuhan pasien.

5. Phlebotomist

Phlebotomist merupakan profesional kesehatan yang bertugas untuk mengambil darah untuk kepentingan transfusi, tes, dan kebutuhan lainnya. Setiap rumah sakit, klinik, laboratorium, atau pusat donor darah membutuhkan profesi ini.

6. Guru

Guru adalah profesi dan pekerjaan yang selalu dibutuhkan di mana saja dan kapan saja. 

7. Developer Software

Developer software bertugas untuk membuat program, aplikasi, dan platform yang bisa digunakan di desktop atau perangkat seluler. Saat ini semua hal bisa diakses melalui ponsel, oleh karena itu, profesi developer software tampaknya akan selalu dibutuhkan.

Itu tadi beberapa pekerjaan yang tetap aman meski ada resesi. Melihat beberapa opsi pekerjaan tersebut, apakah Anda menjadi tertarik untuk berganti pekerjaan?