Ilustrasi hari pencoblosan saat Pemilu 2024.
Nasional

Inilah Beberapa Tokoh Beken yang Lolos ke DPR dari Dapil Jawa Barat II

  • Salah satu dapil yang menarik di Provinsi Jawa Barat adalah Jawa Barat II karena di dalamnya terdapat sejumlah tokoh yang cukup dikenal. Beberapa di antaranya termasuk komedian Denny Cagur dan Ace Hasan Syadzily.
Nasional
Distika Safara Setianda

Distika Safara Setianda

Author

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menyelesaikan proses rekapitulasi hasil suara Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 di Jawa Barat. Rapat pleno dilakukan di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat pada malam Selasa, 19 Maret 2024.

Salah satu dapil yang menarik di Provinsi Jawa Barat adalah Jawa Barat II karena di dalamnya terdapat sejumlah tokoh yang cukup dikenal. Beberapa di antaranya termasuk komedian Denny Cagur dan Ace Hasan Syadzily. Terdapat 10 kursi yang diperebutkan di dapil yang mencakup Kota Bandung dan Kabupaten Bandung Barat ini.

Berdasarkan hasil penetapan KPU, PKB berhasil meraih suara terbanyak dengan total 517.125 suara. Dengan menggunakan metode perhitungan Sainte Lague, PKB berhak mendapatkan dua kursi DPR RI.

Baca Juga: 10 Caleg DPR Pemenang Terbesar Pileg 2024, Ada Said Abdullah Hingga Puan

Kedua kursi tersebut akan ditempati oleh Cucun Ahmad Syamsurijal yang berhasil meraih 267.788 suara dan Asep Romy Romaya dengan perolehan suara sebanyak 78.772.

Di posisi kedua, Partai Golkar menempati perolehan suara terbanyak dengan total 497.508 suara. Partai yang dipimpin oleh Airlangga Hartarto tersebut juga akan mendapatkan dua kursi DPR RI.

Ace Hasan Syadzily berhasil meraih 107.704 suara dan Dadang Naser dengan total 100.690 suara akan menduduki kursi tersebut.

Selanjutnya, urutan ketiga dalam perolehan suara terbanyak ditempati PKS dengan total 397.432 suara. Namun, PKS hanya berhak mendapatkan satu kursi DPR RI dengan jumlah tersebut. Calon legislatif yang akan menempati kursi tersebut adalah mantan Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan alias Aher, yang berhasil meraih 145.034 suara.

Selanjutnya, Partai Gerindra menduduki posisi keempat dengan total 396.368 suara. Partai yang dipimpin oleh Prabowo Subianto tersebut berpotensi mendapatkan satu kursi DPR RI, yang kemungkinan akan diisi oleh Rachel Maryam Sayidina dengan raihan suara sebanyak 114.749.

Baca Juga: DPR Enggan Pindah ke IKN, Ini Respons Pemerintah

Berada di urutan kelima, PDIP berhasil meraih total 267.638 suara. Kursi DPR RI untuk PDIP, yang berpeluang akan diisi oleh komedian Denny Cagur dengan suara sebanyak 58.043.

Di urutan keenam, terdapat Partai Demokrat dengan perolehan suara 306.652. Caleg dari Partai Demokrat, Dede Yusuf Macan Effendi, akan mengamankan satu kursi DPR RI dengan meraih suara 210.179.

Di urutan ketujuh, Partai Amanat Nasional berhasil meraih 242.783 suara. Terdapat peluang bagi PAN yang akan diisi oleh Ahmad Najib Qodratullah yang memperoleh suara tertinggi di antara caleg PAN lainnya, yaitu sebanyak 91.769 suara.

Sementara itu, kursi terakhir DPR RI dari dapil ini akan diperoleh oleh Nasdem. Partai yang dipimpin oleh Surya Paloh tersebut berhasil meraih 226.716 suara. Terdapat peluang kursi Nasdem dari dapil ini akan diisi oleh Rajiv yang meraih 50.018 suara.