Inilah Cybertruck, Truk  Listrik dari Tesla
Home

Inilah Cybertruck, Truk Listrik dari Tesla

  • Elon Musk mengungkapkan Cybertruck. Sebuah mesin “torsi gila” yang telah lama ditunggu. Tentu saja, desain itu bukan rahasia karena sebelumnya dia telah mengatakan Tesla akan membuat truk dengan desain yang “futuristik, cyberpunk”, dan Musk memenuhi janjinya pada Kamis (21/11) malam ini di Los Angeles, California. Truk itu benar-benar berbeda. Dengan garis-garis tajam, sudut dan desain […]

Home

Amirudin Zuhri

Elon Musk mengungkapkan Cybertruck. Sebuah mesin “torsi gila” yang telah lama ditunggu. Tentu saja, desain itu bukan rahasia karena sebelumnya dia telah mengatakan Tesla akan membuat truk dengan desain yang “futuristik, cyberpunk”, dan Musk memenuhi janjinya pada Kamis (21/11) malam ini di Los Angeles, California.

Truk itu benar-benar berbeda. Dengan garis-garis tajam, sudut dan desain futuristik yang jelas, Cybertruck terlihat benar-benar pangejawantahan dari film fiksi ilmiah. Modelnya sangat mirip dengan mobil yang muncul di Blade Runner, sebuah film yang pertama dibuat pada November 2019. Entah apakah ini sebuah kebetulan atau memang tidak.

Sasis truk dibangun dengan baja stainless yang mampu menahan palu godam yang dibuktikan di atas panggung. Mobil disebut juga tahan dari peluru 9mm namun untuk ini tidak diperagakan di atas panggung. Musk juga mengatakan truk terbuat dari baja yang sama dengan yang digunakan pada roket StarsX milik SpaceX.

Musk menggabungkan kinerja Porsche 911 dan fungsionalitas truk ukuran penuh Ford F-150 ketika merancang SUV dan truk.

“Kita membutuhkan energi berkelanjutan sekarang. Jika kita tidak memiliki truk pickup, kita tidak bisa menyelesaikannya. Tiga kendaraan terlaris di Amerika adalah truk pickup. Untuk mengatasi energi berkelanjutan, kita harus punya truk pickup.” katanya.

Perusahaan memamerkan tiga model yakni versi dasar dengan penggerak roda belakang motor tunggal dan kemampuan untuk membawa beban 7.500 pon dengan harga US$ 39.000 dan memiliki jangkauan 250 kilometer sebelum pengisian baterai.

Versi  kedua menggunakan motor ganda dengan jangkauan 300 mil, dapat membawa beban 10.000 pon dan seharga US$ 49.000. Versi ketiga adalah truk premium dengan memiliki jangkauan lebih dari 500 mil dengan tiga motor dan dapat membawa beban 14.000 pon seharga US $ 69.000.

Untuk memesan Cybertruck, yang perlu Anda lakukan hanyalah membayar US$ 100 untuk reservasi  dan kemudian Anda dapat menyelesaikan pembelian saat produksi mendekati akhir 2021. Namun, jika Anda menginginkan model top-of-the-line (Tri Motor AWD), Anda harus menunggu hingga akhir 2022 untuk memulai produksi.

Fitur dan spesifikasi Cybertruck lainnya termasuk:

  • 30X cold-rolled stainless steel chassis
  • adaptive air suspension
  • tows 14,000 lbs (Tri Motor Model)
  • 0-60 in 2.9 seconds (Tri Motor model)
  • 1/4 mile in 10.8 seconds (Tri Motor model)
  • Autopilot comes standard
  • ground clearance up to 16 inches
  • vault length at 6.5 feet
  • 3,500 pounds of payload capacity
  • 250, 300, and 500-mile range variants
  • advanced 17-inch touchscreen
  • Tesla armor glass (a super tough polymer-layered composite)

Tentu saja, Cybertruck tidak akan tanpa kompetisi. Ford memiliki rencana untuk merilis F-150 electric dan Rivian yang juga didukung oleh Ford dan Amazon ingin mengeluarkan sebuah truk listrik pada tahun 2020. Apakah Cybertruck adalah truk masa depan masih harus dilihat.