ilustrasi naik turunnya nilai aset investasi (freepik.com)
Gaya Hidup

Inilah Kesalahan Investasi yang Harus Anda Hindari Sebelum Menyesal

  • Inilah kesalahan investasi yang sebaiknya Anda hindari sebelum menyesal
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Memang tidak ada seorang manusia yang sempurna. Tidak mengherankan jika manusia tetap bisa melakukan kesalahan meski sudah hati-hati dan cermat. Termasuk kesalahan dalam hal investasi.

Namun, Anda tetap bisa meminimalisir kesalahan dalam berinvestasi dengan lebih berhati-hati. Berikut beberapa kesalahan investasi yang harus Anda hindari sebelum menyesal karena rugi atau kehilangan banyak uang.

Tidak Berinvestasi

Dari semua kesalahan yang mungkin Anda lakukan dalam proses perjalanan investasi Anda, kesalahan terbesar yang mungkin Anda lakukan adalah tidak berinvestasi sama sekali. Pensiun membutuhkan dana yang tidak sedikit dan sayangnya kebanyakan dari kita tidak mampu menabung cukup banyak tanpa mendapatkan bantuan dari investasi baik dari saham, reksa dana, dan sebagainya.

Membeli Saham di Bisnis yang Tidak Anda Pahami

Tidak jarang Anda atau para investor lainnya yang lebih tertarik untuk berinvestasi pada industri terbaru yang sedang naik daun. Padahal, mungkins aja Anda hanya baru tahu sedikit atau bahkan tidak tahu sama sekali tentang bisnis yang dijalankan oleh perusahaan tersebut.

Jangan Berinvestasi Hanya di Satu Instrumen Saja

Saat Anda memiliki investasi, sebaiknya lakukan diversifikasi investasi Anda. Diversifikasi portofolio investasi dapat membantu mengurangi risiko Ada jika salah satu investasi memiliki kinerja yang buruk. Jadi hal tersebut tidak akan berdampak pada seluruh portofolio Anda. 

Hindari FOMO dan Serakah

Ketika Anda ingin berinvestasi, pastikan Anda sudah mempelajari instrumen investasi yang akan Anda pilih dan tidak ingin membelinya karena FOMO (fear of missing out: takut ketinggalan tren) saja. Ketika Anda FOMO atau serakah, emosi akan meningkat dan tingkat stres Anda jadi memuncak. 

Gunakan uang yang sudah dianggarkan untuk investasi saja sehingga Anda bisa lebih santai. Pada umumnya, investasi yang Anda lakukan akan jauh lebih sukses jika tidak terdorong oleh emosi atau pikiran negatif.

Tidak Sabar

Salah satu sifat yang harus Anda miliki ketika berinvestasi adalah sabar. Ingatlah bahwa bisnis bisa beroperasi jauh lebih lambat daripada yang biasanya Anda ingin lihat atau seperti yang Anda bayangkan.