WNI dan WNA yang Vaksinasi di Luar Negeri Bisa Dapat Sertifikat Vaksinasi, Ini Syaratnya
Gaya Hidup

Inilah Pentingnya Anda Mendapatkan Dosis Kedua Vaksin COVID-19

  • Inilah pentingnya Anda mendapatkan dosis kedua vaksin COVID-19

Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA – Banyak masyarakat Indonesia kini yang telah mendapatkan vaksin COVID-19, sebagai usaha untuk mencegah tertularnya COVID-19. Tak cukup sampai di situ, dosis kedua dari vaksin COVID-19 juga tetap penting dan dibutuhkan.

Seperti yang dikutip dari laman Healthline, Dr. John Zaia, direktur City of Hope’s Center for Gene Therapy di Los Angeles dan seorang spesialis dalam penelitian vaksin, mengatakan bahwa kecenderungan melewatkan dosis kedua vaksin COVID-19 adalah hal yang mengkhawatirkan.

Virus dan variannya, jelasnya, akan mencari “inang”. Hal tersebut berarti bahwa dengan lebih banyak orang yang divaksinasi, virus dapat menyerang mereka yang tidak sepenuhnya divaksinasi.

Oleh karena itu, jika ada varian virus yang lebih kuat muncul, Zaia menambahkan bahwa ia berharap semua orang telah mendapatkan kedua dosis vaksin COVID-19.

Menurutnya, jika sudah mendapatkan kedua dosis vaksin COVID-19, kemungkinan untuk meninggal dunia karena COVID-19 juga dapat dihindari.

Pada umumnya, banyak orang yang tidak melanjutkan hingga mendapatkan dua dosis vaksin COVID-19 karena percaya bahwa satu dosis saja cukup untuk melindungi mereka.

Tak hanya itu, banyak juga yang takut sakit setelah mendapatkan dosis kedua dari vaksin, kesulitan menjadwalkan vaksin dosis kedua, serta kelelahan karena COVID-19.

Padahal, dua dosis vaksin COVID-19 memiliki efektivitas sebesar 98 persen untuk mencegah kematian akibat COVID-19.

Sedangkan jika hanya mendapatkan satu dosis vaksin COVID-19, maka efektivitasnya akan menurun menjadi 64 persen.