Ilustrasi pesawat Pelita Air saat landing di Bandara Soekarno Hatta Tangerang Banteni. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Nasional

Inilah Rute Penerbangan Favorit Bandara Soekarno Hatta Selama Nataru 2023/2024

  • Jumlah pergerakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta diperkirakan mencapai 135 ribu hingga 170 ribu orang setiap harinya.
Nasional
Bintang Surya Laksana

Bintang Surya Laksana

Author

TANGERANG - Executive General Manager KCU PT Angkasa Pura II, Dwi Ananda Wicaksana mengungkapkan rute penerbangan favorit di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) selama masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024.

Dwi menyebutkan terdapat tiga rute favorit penumpang selama Nataru 2023/2024 yakni Medan, Sumatera Utara dan Denpasar, Bali hingga Makassar, Sulawesi Selatan. 

"Berdasarkan proyeksi kami, pada periode Nataru ini rute tujuan favorit penerbangan domestik adalah ke Medan, Sumatera Utara dan Makassar, Sulawesi Selatan," ujar Dwi dilansir dari Antara, Jumat 1 Desember 2023.

Dwi menjelaskan selama puncak arus mudik Nataru, sejumlah rute penerbangan domestik paling diminati masyarakat termasuk tujuan seperti Bandara Silangit di Siborong-borong, Bandara Kuala Namu di Medan, Bandara Sultan Hasanuddin di Makassar, dan Bandara Ngurah Rai di Bali. Informasi tersebut diperoleh berdasarkan jumlah penumpang yang berangkat melalui Terminal Bandara Soetta.

Lebih lanjut, Dwi menyatakan tujuan lainnya para penumpang adalah daerah-daerah yang memiliki destinasi wisata. Dwi menjelaskan beberapa alasan yang membuat tiga bandara tersebut menjadi favorit selama libur Nataru, seperti aktivitas mudik atau pulang ke kampung halaman, serta berlibur ke destinasi wisata bersama keluarga.

"Selain masyarakat yang merayakan Hari Raya Natal 2023, peningkatan penumpang terjadi karena masyarakat yang ingin berlibur bersama keluarga dan anak-anak mereka," ujar Dwi.

Dwi memperkirakan jumlah pergerakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta diperkirakan mencapai 135 ribu hingga 170 ribu orang setiap harinya.

"Kalau untuk penerbangan internasional belum terlihat lonjakan penumpang yang signifikan, tapi kalau rute domestik sudah diminta tambahan penerbangannya dari pihak maskapai yang mencapai 343 extra flight," tutup Dwi.