Tekno

Inilah Tempat-Tempat Terdingin di Planet Bumi

  • Dari Kutub Selatan hingga Lingkar Arktik, suhu dingin yang ekstrem dapat turun drastis hingga ke tingkat yang menusuk tulang.
Tekno
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

JAKARTA-Dari Kutub Selatan hingga Lingkar Arktik, suhu dingin yang ekstrem dapat turun drastis hingga ke tingkat yang menusuk tulang. Tapi berapa suhu terdingin yang pernah tercatat? Dan apa kota terdingin, atau bagian terdingin yang dihuni secara permanen di Bumi?

Secara umum, suhu rata-rata bumi bervariasi dari minus  25 derajat Celcius hingga  45 C. Sebagai perbandingan, suhu siang hari di Merkurius melambung hingga 430 C sementara di malam hari, suhunya anjlok hingga minus  180 C.

Namun Bumi juga bisa melihat ekstrem yang sangat besar. Berikut beberapa suhu terdingin yang pernah tercatat di planet kita sebagaimana dikutip dari Live Science.

Tempat Terdingin di Bumi

Antartika timur/Ted Scambos, NSIDC/University of Colorado-Boulder)

Dataran Tinggi Antartika Timur, Antartika —  minus 98 C

Di dataran es di Antartika timur, suhu bisa turun hingga minus minus 98 C menjadikannya tempat terdingin di Bumi. Para peneliti menemukan ini dengan memeriksa kembali data satelit  di lapisan es Antartika yang sebelumnya mencapai minus  93 C. Analisis baru mereka yang diterbitkan dalam jurnal Geophysical Research Letters menunjukkan suhu sebenarnya mencapai lebih rendah lagi.

Mereka menemukan faktor yang mendorong suhu dingin ini adalah kondisi yang cerah dan udara yang sangat kering. Kelembapan dapat memerangkap panas di udara. Kedua kondisi ini harus bertahan selama beberapa hari agar suhu turun hingga minus 98 C.

Ted Scambos, seorang ilmuwan peneliti senior di Pusat Data Salju dan Es Nasional di Universitas Colorado-Boulder, yang memimpin penelitian tersebut mengatakan ini tampaknya menjadi batas seberapa dingin suhu di permukaan Bumi. 

 

Suhu Terdingin yang Pernah Tercatat

Stasiun Riset Vostok/Wikipedia

Stasiun Riset Vostok, Antartika —  minus 89,2 C

Sebelum rekor suhu rendah Dataran Tinggi Antartika Timur ditetapkan pada 10 Agustus 2010, Stasiun Penelitian Vostok yang terletak  1.301 kilometer dari Kutub Selatan geografis di Antartika, memegang rekor dunia untuk suhu terdingin. Selama sepuluh hari di musim panas belahan bumi selatan pada tanggal 21 Juli 1983, data cuaca mencatat suhu dingin minus  89,2 C.

Kondisi iklim harus sempurna agar suhu mencapai serendah ini. Pada tahun 2009, para peneliti menemukan massa udara dingin mencegah udara yang relatif hangat dari Samudra Selatan untuk bercampur. Ini  menjebak stasiun dalam pusaran udara es. Juga tidak ada tutupan awan yang akan membantu memerangkap panas.

Dalam studi mereka, yang diterbitkan dalam Journal of Geophysical Research para peneliti mengatakan bahwa dengan kondisi yang tepat di Stasiun Vostok bisa menjadi lebih dingin lagi, dengan potensi rekor suhu terendah  minus 96 C.

Tempat Terdingin yang Dihuni Secara Permanen

Desa Oymyakon/Getty Image via Live Science

Oymyakon, Rusia —  minus 71,2 C

Desa Oymyakon di Siberia timur dikenal sebagai tempat berpenghuni permanen terdingin di Bumi. Namanya diterjemahkan menjadi "air yang tidak membeku", karena ada mata air panas di dekatnya. Kota ini awalnya merupakan tujuan para penggembala rusa yang akan membawa ternak mereka ke mata air untuk mendapatkan air.

Suhu musim dingin rata-rata di Oymyakon mencapai minus  50 C. Hari terdingin di kota ini tercatat pada tahun 1924, ketika suhu turun hingga minus  71,2 C.

Suhu Terendah di Belahan Bumi Utara

Stasiun Cuaca Klinck, Greenland/Wikipedia

Stasiun Cuaca Klinck, Greenland —  minus 69,6 C

Di jantung Lingkaran Arktik, di tengah lapisan es Greenland satu stasiun cuaca mencatat suhu terendah di belahan bumi utara pada 22 Desember 1991. Hari itu, suhu di stasiun cuaca Klinck turun hingga minus   69,6 derajat C.

Stasiun cuaca Klinck berada di ketinggian  3.105 m, dekat dengan titik tertinggi Gunung Gunnbjørn di Greenland. Para peneliti yang bekerja untuk Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) menemukan rekor suhu terendah saat menggali melalui arsip 30 tahun dibuat pada tahun 2007.  Para peneliti WMO menerbitkan temuan mereka pada September 2020 di Jurnal Triwulanan Royal Meteorological Society.

Sebelum Klinck, rekor suhu terendah adalah minus  67,8 C yang tercatat di Verkhoyansk pada Februari 1892, dan Oymyakon pada Januari 1933. Kedua situs ini berada di Rusia.

Kota Terdingin di Dunia

Kota Yakutsk/Russia Beyond

Yakutsk, Rusia —  minus 62,2 C

Dari banyak kota dingin di dunia, Yakutsk adalah yang terdingin. Pada 18 Januari 2023, kota Siberia memecahkan rekor baru ketika suhu turun hingga minus 62,2 C. Ini menjadi yang terdingin dalam hampir dua dekade.

Terletak 450 km selatan Lingkaran Arktik, Yakutsk juga merupakan kota terbesar yang dibangun di atas tanah beku permanen, atau permafrost. Suhu terdingin yang pernah tercatat di Yakutsk ditetapkan pada 25 Februari 1891, saat mencapai minus  64,4 C.

Kota berpenduduk 250.000 jiwa ini terletak di tepi barat Sungai Lena,  95 meter di atas permukaan laut. Di musim dingin, kota diselimuti kabut es Kabut terbentuk karena dalam kondisi dingin, udara panas dari orang, mobil, dan rumah tidak dapat naik.