PT Industri Kereta Api (Persero) atau INKA melakukan uji dinamis atau test run internal Kereta Rel Diesel Elektrik (KRDE) / Dok. INKA
Nasional

INKA Ujicoba Internal Kereta Rel Diesel Elektrik

  • PT INKA (Persero) melakukan uji dinamis atau test run internal Kereta Rel Diesel Elektrik (KRDE)
Nasional
Yosi Winosa

Yosi Winosa

Author

JAKARTA - PT Industri Kereta Api (Persero) atau INKA melakukan uji dinamis atau test run internal Kereta Rel Diesel Elektrik (KRDE) pada 1 Desember 2021. KRDE ini merupakan pesanan ke-3 dari PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI sejumlah 4 trainset atau rangkaian. 

Pesanan pertama adalah KRDE yang saat ini dioperasikan untuk Bandara Internasional Minangkabau (BIM) sedangkan yang kedua adalah KRDE yang dioperasikan untuk Bandara Internasional Adi Somarmo (BIAS).

Direktur Utama PT INKA (Persero) Budi Noviantoro menjelaskan bahwa pengujian ini bertujuan untuk melihat performansi kereta.

“Ini kita lagi menguji, karena persyaratannya kan harus lulus uji di jalan 1.000 kilometer, ini ada beban-beban beton yang diibaratkan penumpang untuk diuji di kondisi full penumpang. Yang kita uji ini yang pasti performa, utamanya adalah kecepatannya kemudian pengeremannya,” kata Budi dalam keterangan tertulis di website resmi kementerian BUMN seperti dikutip Minggu, 3 desember 2021.

KRDE ini memiliki mesin penggerak menggunakan diesel elektrik yang dioperasikan oleh masinis. Adapun susunan setiap trainset-nya terdiri dari TeC1 (Trailer engine Cabin) - M (Motor) - T (Trailer) - TeC2 (Trailer engine cabin).