Nasional

Innalillahi, Mantan Jaksa Agung Basrief Arief Tutup Usia

  • Mantan Jaksa Agung Basrief Arief meninggal dunia hari ini

Nasional
Reky Arfal

Reky Arfal

Author

JAKARTA – Mantan Jaksa Agung Basrief Arief meninggal dunia hari ini pukul 10.00 WIB, Selasa 23 Maret 2021. Kabar duka tersebut dibenarkan oleh Kapuspenkum Kejaksaan Agung, Leonard Eben Ezer.

“Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Telah berpulang ke rahmatullah mantan Jaksa Agung RI Bapak Basrief Arief,” kata Leonard dalam keterangannya, Selasa 23 Maret 2021.

Dalam keterangannya, Leonard belum memberi tahu secara rinci penyebab meninggalnya Basrief Arief, serta akan disemayamkan dan dikebumikan di mana.

Sebagai informasi, Basrief Arief menjabat sebagai Jaksa Agung pada 26 November 2010 sampai dengan 20 Oktober 2014. Basrief dipilih dan dilantik menjadi Jaksa Agung oleh Presiden Susilo bambang Yudhoyono (SBY).

Di era kepemimpinannya, Tim Pemburu Koruptor menangkap bekas Direktur Bank Sertivia, David Nusa Wijaya, yaitu terpidana korupsi dana BLBI senilai Rp1,3 triliun.

Mantan jaksa yang lahir di Tanjung Enim, Sumatera Selatan pada 1947 lalu ini, sebelum masuk ke lingkungan Gedung Bundar, ia menjadi Kajari Belawan, Kajari Cibinong, lalu Kajari Jakarta Pusat. Kemudian, setelah itu dirinya menjadi Asisten Pidum Kejati DKI Jakarta.

Basrief juga pernah menjabat sebagai Wakil Jaksa Agung di era Abdul Rahman Saleh. Ia juga pernah menjadi Ketua Tim Pemburu Koruptor yang dibentuk oleh Kementerian Politik Hukum dan Keamanan.