Direktur PTPN V Jatmiko Santosa saat memberikan pengarahan dalam kegiatan AKHLAK Experience Sharing and Planters Innovation Summit
BUMN

Inovasi Jadi Kunci 4 Tahun Akselerasi Transformasi PTPN V

  • Hasil inovasi dari karyawan PTPN V telah berhasil membawa perusahaan meraih berbagai penghargaan.
BUMN
Bintang Surya Laksana

Bintang Surya Laksana

Author

PEKANBARU - Chief Executive Officer PT Perkebunan Nusantara V, Jatmiko Santosa menyebutkan inovasi adalah kunci akselerasi transformasi pada PTPN V dalam empat tahun terakhir. Oleh karena itu, Jatmiko mengingatkan kepada seluruh planters anak Holding Perkebunan Nusantara III Persero yang beroperasi di Riau tersebut agar jangan pernah berhenti berinovasi.

"Jangan takut berinovasi. Jangan pernah berhenti berinovasi. Yang paling berbahaya itu pada saat temen-temen takut membuat kesalahan. Itu sangat fatal. Inovasi pasti ada kesalahan. Tidak ada namanya inovasi sekali jadi," ujar Jatmiko dalam keterangan resmi pada 24 Oktober 2023 dari kegiatan Petualangan Planters PTPN V “AKHLAK Experience Sharing and Planters Innovation Summit” yang diselenggarakan di Gedung Serba Guna Kantor Direksi PTPN V Kota Pekanbaru.

Jatmiko juga mendorong karyawan-karyawannya yang masih muda untuk tetap berinovasi dan keluar dari kehidupan yang monoton.

"Kalian masih muda, kemampuan adaptasi kalian jauh lebih tinggi daripada kami. Jangan terbiasa hadapi hal yang sama setiap harinya. Kita akan berhenti hidup jika hanya melakukan hal yang sama setiap waktu," tuturnya lagi.

Dalam kesempatan yang sama, SEVP Operation, Ospin Sembiring menyampaikan inovasi yang baik adalah yang mampu menciptakan proses kerja yang efektif dan efisien. 

Sedangkan menurut SEVP Business Support, Rurianto, inovasi adalah kunci utama yang perusahaan besar dunia mampu bertahan dan berkembang hingga kini, termasuk salah satu yang disebutkan adalah Samsung.

PTPN V menjadi anak perusahaan Holding Perkebunan Nusantara III Persero yang cukup masif menghasilkan beragam inovasi baik secara digital, mekanisasi, maupun berbasis Internet of Things.

PTPN V, sebagai anak perusahaan dari Holding Perkebunan Nusantara III Persero, telah berhasil menghasilkan beragam inovasi dalam berbagai bidang seperti digital, mekanisasi, dan Internet of Things (IoT). 

Hasil inovasi dari karyawan PTPN V telah berhasil membawa perusahaan meraih berbagai penghargaan termasuk pengakuan sebagai perusahaan yang paling menguntungkan, likuid, dan paling responsif (The Most Profitable & Cash Liquid serta The Most Agile Company).