Makin Seru! Pengguna Instagram Kini Bisa Komentar dengan GIF di Postingan Instagram
Tekno

Instagram Disebut Sedang Kerjakan Chatbot AI dengan 30 Kepribadian

  • Instagram dikabarkan sedang mengerjakan fitur chatbot AI yang memiliki kepribadian berbeda yang akan berinteraksi dengan pengguna.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Fitur berteknologi AI atau kecerdasan buatan tampaknya sedang jadi tren di kalangan perusahaan teknologi. Sepertinya, media sosial seperti Instagram juga tidak ingin kalah dari perlombaan ini.

Instagram disebut sedang mengerjakan proyek chatbot AI dengan 30 kepribadian berbeda yang dapat berinteraksi dengan pengguna.

Hal tersebut diketahui dari tweet peneliti aplikasi, Alessandro Paluzzi yang baru saja membagikan screenshot fitur Chat with an AI atau Obrolan dengan AI yang mengungkapkan detail mengenai fitur kecerdasan buatan tersebut yang tampak mirip dengan ChatGPT.

Chatbot AI di Instagram

Chatbot Ai tersebut menawarkan kepada pengguna opsi untuk mengajukan pertanyaan, mencari saran, serta alat yang membantu pengguna menulis pesan. Pengguna juga bisa membawa AI ini ke obrolan untuk mendapatkan pengalaman yang lebih menyenangkan dan menarik. Selain itu, pengguna juga bisa mengobrol dengan 30 kepribadian AI lalu dapat memilih kepribadian apa yang paling disukai.

Meski begitu, belum jelas kapan Instagram berencana merilis chatbot AI tersebut. 

Sebelum Instagram, platform media sosial lainnya juga ada yang telah meluncurkan tool berteknologi AI. Seperti pada bulan Februari lalu, Snapchat telah meluncurkan chatbot My AI yang ditenagai oleh teknologi ChatGPT dari OpenAI.

Tools My AI dari snapchat tersebut berguna untuk menjawab pertanyaan trivia, menawarkan saran tentang hadiah yang sempurna untuk ulang tahun sahabat, membantu merencanakan perjalanan hiking untuk long weekend, atau justru menyarankan masakan apa yang harus dibuat untuk makan malam.

Meski begitu ternyata pengguna justru skeptis dengan chatbot AI tersebut. Mereka menganggap bahwa mereka tidak nyaman membagikan data dengan chatbot AI.

Tidak hanya Snapchat, media sosial yang kini sedang digemari banyak orang yaitu TikTok sebetulnya juga telah meluncurkan chatbot AI. AI chatbot dari TikTok tersebut disebut dengan Tako dan sekarang sedang diuji secara terbatas di beberapa daerah.

Chatbot AI Tako tersebut akan tampak di atas profil pengguna dan tombol lainnya seperti Likes, komentar, dan bookmark akan menjadi berada di sisi kanan TikTok. Ketika chatbot AI tersebut ditekan, pengguna bisa menggunakan Tako untuk bertanya mengenai video atau mencari opsi untuk menemukan konten baru.