Makin Seru! Pengguna Instagram Kini Bisa Komentar dengan GIF di Postingan Instagram
Tekno

Instagram Down 2 Jam, Meta Beri Penjelasan

  • Gangguan akses tersebut diketahui tersebar di sejumlah negara seperti Indonesia, India, Singapura, Inggris Raya, hingga Amerika Serikat.
Tekno
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

JAKARTA—Platform media sosial Instagram sempat mengalami gangguan pada Senin 22 Mei 2023 pagi. Gangguan akses tersebut diketahui tersebar di sejumlah negara seperti Indonesia, India, Singapura, Inggris Raya, hingga Amerika Serikat.

Informasi yang dihimpun TrenAsia, Instagram down mulai sekitar pukul 05.00 WIB. Namun platform anak usaha Meta itu sudah dapat diakses kembali sekitar pukul 07.00 WIB. Di Indonesia, wilayah yang terdampak gangguan Instagram yakni di Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan sebagian Sumatra menurut situs Down Detector. 

Di Indonesia, Down Detecctor mencatat laporan tertinggi muncul pukul 05.54 WIB dengan 2.062 laporan. Sekitar 47 persen melaporkan masalah pada koneksi server, 35 persen mengalami gangguan pada aplikasi, serta 19 persen menyebut gangguan saat masuk ke Instagram.

Minta Maaf

Meski Instagram down, layanan Meta lain seperti Facebook atau WhatsApp masih beroperasi normal. Juru bicara Meta, Dave Arnold, pun angkat bicara mengenai gangguan tersebut. Pihaknya mengetahui adanya kesulitan mengakses Instagram. “Kami sedang berupaya mengembalikan semuanya ke normal secepat mungkin. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi,” ujarnya dikutip dari The Verge.

Meski demikian, Meta tak menjelaskan detail penyebab gangguan tersebut. Pada pukul 07.19 WIB, akun resmi Instagram di Twitter menyatakan layanan Instagram sudah pulih. “Instagram sudah kembali! Maaf atas permasalahannya. Kami mengalami pemadaman singkat sebelumnya dan telah menyelesaikan masalah penyebabnya,” cuit akun Twitter Instagram Comms @InstagramComms.