Muak dengan Konten Serupa di Feeds Instagram? Ini Cara Menonaktifkannya
Tekno

Instagram Luncurkan Fitur Gifts Agar Kreator Hasilkan Uang, Mirip TikTok?

  • Instagram beberapa waktu lalu mengumumkan untuk memperluas akses ke fitur monetisasi baru yang disebut Gifts. Mirip TikTok?
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Instagram beberapa waktu lalu mengumumkan untuk memperluas akses ke fitur monetisasi baru yang disebut Gifts. Fitur ini sebetulnya sudah sempat diuji tahun lalu yang akan memungkinkan penggemar untuk memberikan dukungan berupa uang langsung kepada content creator favorit dalam bentuk hadiah virtual bertema.

Hadiah tersebut dapat dibeli di aplikasi Instagram menggunakan mata uang virtual yaitu Stars dan dapat dibandrol dengan. Harga mulai dari 10 bintang hingga beberapa ratus bintang.

Fitur Gifts dari Instagram ini bertujuan untuk memudahkan pengguna menunjukkan apresiasi kepada content creator di Reels dengan mengirimkan hadiah virtual. Meski begitu, tidak semua kreator bisa dikirimi hadiah ini karena tidak semuanya mengaktifkan fitur Gifts di Reels mereka saat ini.

Cara Kerja Fitur Gifts di Instagram

Cara Kerja Fitur Gifts di Instagram

Seperti yang dilansir dari situs resmi Instagram, jika Anda mengikuti kreator yang telah mengaktifkan fitur Gifts, maka saat Anda membeli bintang untuk mengirimkan hadiah kepada mereka, mereka akan memperoleh pendapatan.

Setelah hadiah atau Gifts ini dibeli menggunakan saldo bintang dan dikirimkan ke kreator, kreator tersebut akan menerima bagi hasil dari hadiah yang diterima.

Instagram akan memberikan kreator bagian pendapatan dari Reels setiap bulan setara dengan US$0,01 atau sekitar Rp154 untuk setiap bintang yang diterima dari penggemar.

Kreator juga akan bisa melihat perkiraan pendapatan total dan bulanan melalui Profesional Dashboard. Selain itu, kreator juga akan menerima pembayaran jika total saldo sudah mencapai US$25 atau Rp386.437. 

Seperti yang Anda ketahui, fitur Gifts di Instagram ini tampaknya memiliki cara kerja atau konsep yang mirip dengan fitur yang dimiliki media sosial kompetitornya yaitu TikTok. Meski begitu, saat ini fitur hadiah atau gifts hanya tersedia bagi kreator tertentu dan masih digunakan terbatas di Amerika Serikat sehingga belum ada di Indonesia.