Story Instagram
Gaya Hidup

Instagram Uji Fitur Group Tagging, Tag di Stories Jadi Makin Praktis!

  • Simak penjelasan mengenai fitur Group Tagging yang kabarnya akan dirilis oleh Instagram. Apakah Anda tertarik untuk menggunakannya?
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Instagram adalah salah satu media sosial yang digemari pengguna internet saat ini. Hal ini karena Instagram memiliki banyak fitur yang memudahkan penggunanya untuk saling berbagi informasi, salah satunya yaitu fitur Stories.

Pengguna Instagram tampaknya secara teratur rutin membagikan foto atau video di fitur Stories di platform tersebut. Hal ini karena Stories memiliki cara kerja yang berbeda jika dibandingkan dengan postingan yang diunggah di feeds Instagram.

Fitur Stories memiliki keunggulan, di mana pengguna bisa mengetahui siapa saja yang melihat Stories mereka. Selain itu, konten yang diunggah di Stories juga bisa hilang dalam waktu 24 jam, atau disimpan dalam highlight yang ada di profil Instagram.

Selain itu, pengguna Instagram tampaknya juga sering membagikan foto atau Stories dengan menandai atau tag pengguna lainnya. Namun, hal itu tentu menimbulkan kerepotan apalagi jika harus menandai banyak orang sekaligus dalam satu set foto atau Stories.

Kabar baiknya, Instagram ternyata sudah memiliki solusi atas masalah tersebut. Seperti yang dilansir Trenasia.com dari Gadgets Now pada Jumat 11 Agustus 2023, Head Instagram Adam Mosseri mengatakan bahwa platform tersebut sedang menguji fitur baru yang akan memungkinkan pengguna menandai sekelompok orang sekaligus dalam sebuah Stories menggunakan satu penyebutan.

“Kami sedang menguji cara menandai sekelompok orang dalam sebuah Stories menggunakan satu penyebutan. Setelah Anda membuat penyebutan atau nama grup tersebut, penyebutan grup dapat digunakan kembali oleh siapa saja di grup untuk menandai semua orang secara otomatis di Stories baru apapun.

Jadi, jika pengguna sedang melakukan perjalanan musim panas bersama dengan teman-teman, Anda dapat dengan lebih mudah tag semua orang sekaligus tanpa perlu menandai setiap orang satu per satu.

Cara Kerja Fitur Group Tagging

Meski tidak ada informasi resmi tentang bagaimana fitur ini akan bekerja, laporan menunjukkan bahwa Instagram memungkinkan pengguna untuk membuat grup dan ketika seseorang memberi tag pada grup tersebut, nama peserta dalam grup dapat diberi tag secara otomatis.

Fitur Keamanan DM Instagram 

Sebelum meluncurkan fitur Group Tagging tersebut, Instagram baru-baru ini meluncurkan fitur yang ditujukan untuk melindungi pengguna dari foto dan video yang tidak diinginkan di DM. Fitur tersebut yang diuji pada bulan Juni akan membatasi pengguna yang mengirimkan permintaan DM kepada orang yang tidak mereka ikuti.

Adanya fitur ini akan membuat pengguna tidak akan dapat mengirim permintaan DM dalam jumlah tidak terbatas kepada seseorang yang tidak mereka ikuti dan akan dibatasi untuk mengirim hanya satu pesan saja. Percakapan akan dilanjutkan setelah orang lain tersebut menerima permintaan obrolan. Selain itu, undangan DM sekarang juga dibatasi hanya teks saja sehingga pengguna tidak akan dapat mengirim foto, video, atau voice note ke seseorang yang tidak mereka ikuti.

Itu tadi penjelasan mengenai fitur Group Tagging yang kabarnya akan dirilis oleh Instagram. Apakah Anda tertarik untuk menggunakannya?