<p>Ilustrasi menabung uang/freepik.com/awesomecontent</p>
Gaya Hidup

Intip 5 Manfaat Menabung yang Sering Dilupakan

  • Ketika tahu manfaat menabung dan strategi yang tepat dalam menjalankannya, kebiasaan menabung akan terasa lebih mudah.
Gaya Hidup
Agnes Yohana Simamora

Agnes Yohana Simamora

Author

JAKARTA – Menabung merupakan kebiasaan keuangan untuk menyisihkan sebagian uang yang dimiliki untuk disimpan. Namun, kenyataannya kebiasaan ini tidak semudah yang dibayangkan, dan banyak yang gagal menjalankan kebiasaan keuangan yang baik ini.

Membiasakan diri untuk disiplin dan rutin menabung memang dibutuhkan upaya khusus. Ketika mengetahui manfaat menabung dan strategi yang tepat dalam menjalankannya, kebiasaan menabung ini akan lebih mudah dan terlaksana dengan baik.

Berikut manfat nabung yang sering dilupakan dan dapat diterapkan dalam kehidupan Anda.

1. Kebutuhan Dana Darurat

Manfaat utama menabung untuk membantu mengantisipasi kebutuhan yang datang tak terduga. Dalam pengaturan keuangan, Anda perlu memiliki dana darurat yang memadai yang dapat digunakan untuk segala kebutuhan tak terduga seperti atap bocor, keluarga sakit, atau antisipasi kehilangan pendapatan karena terkena pemutusan hubungan kerja (PHK). Dengan adanya dan darurat, anda dapat meminimalisir risiko terjebak pinjaman saat keperluaan mendadak.

2. Tujuan Keuangan Lebih Diwujudkan

Untuk dapat meraih kehidupan sejahtera secara finansial, ada banyak hal yang diperlukan. Dimulai dari dana darurat, memenuhi kebutuhan primer, memiliki proteksi asuransi, dan tersedianya kebutuhan dana pensiun untuk masa tua.

Sementara itu, agar hal tersebut dapat diwujudkan, diperlukan perencanaan keuangan yang tepat. Salah satunya dengan memiliki kebiasaan menabung secara rutin.

3. Kebutuhan Terduga di Masa Mendatang

Berikutnya, manfaat menabung adalah mengantisipasi berbagai kebutuhan terduga di masa mendatang. Sebagai gambaran, setiap orang ingin memiliki rumah impian. Namun agar dapat mewujudkannya, Anda perlu menabung agar memiliki dana cukup untuk membeli rumah.

Contoh kebutuhan terduga lainnya adalah dana sekolah anak, dana liburan tahunan, dan dana mudik lebaran. Adapun kebutuhan terduga ada yang harus dipenuhi dalam jangka pendek, dan dalam jangka panjang.

Sebaiknya, anda menabung dana di instrumen investasi agar mengantisipasi laju inflasi jangka panjang. Dengan begitu, dana yang ditabung memadai dalam membiayai keperluan tersebut di masa depan.