Intip Fitur Baru MacOS Sonoma yang Baru Dirilis Apple di WWDC 2023
Tekno

Intip Fitur Baru MacOS Sonoma yang Baru Dirilis Apple di WWDC 2023

  • Inilah beberapa fitur baru dari MacOS Sonoma serta perangkat yang kompatibel dengan OS tersebut. Tertarik install OS tersebut?
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Tidak hanya meluncurkan iOS17, Apple juga mengumumkan perilisan MacOS Sonoma pada acara WWDC 2023. Seperti sebelumnya, nama MacOS ini sesuai dengan nama suatu daerah yaitu kita wisata kecil di California.

OS baru dari Apple pada perangkat Mac ini memiliki beberapa perubahan pada UI, menggabungkan beberapa fitur iOS, meningkatkan Mode Game, dan masih banyak lagi. Berikut beberapa fitur baru dari MacOS Sonoma yang tidak boleh Anda lewatkan.

Fitur Baru MacOS Sonoma

Fitur Baru MacOS Sonoma

1. Widget Interaktif

Widget sekarang jadi lebih kuat dan personal di Mac. Widget akan menyatu dengan wallpaper agar tidak terlihat mengganggu saat Anda sedang bekerja. Selain itu, berkat fitur Continuity, Anda dapat menggunakan widget yang sama dari iPhone di Mac, tapi harus berada di jaringan Wi-Fi yang sama.

2. Peningkatan Video Conference

MacOS Sonoma menghadirkan fitur video conference yang disempurnakan sehingga pengguna dapat mempresentasikan dan membagikan karya secara lebih efektif dalam aplikasi video conference apapun.

3. Pembaruan untuk Safari

Safari memiliki fitur baru yaitu memberikan perlindungan yang lebih besar bagi pengguna saat menjelajah di berbagai website. 

4. Screensaver Baru

MacOS Sonoma menghadirkan screensaver menakjubkan yang menampilan video gerakan lambat dari berbagai lokasi di seluruh dunia.

5. Peningkatan Kinerja Game di Mac

Dengan kekuatan Apple silicon, pengguna akan merasakan kinerja grafis yang luar biasa di setiap Mac. Sekarang Mac dapat menjalankan game berat dengan performa hebat, masa pakai baterai yang lama, dan visualnya makin memukau.

Selain itu, masih ada beberapa peningkatan kecil yang hadir dengan MacOS Sonoma. Peningkatan termasuk koreksi otomatis yang baru, pengingat yang diperbarui dengan daftar belanjaan cerdas, pengisian formulir dengan cepat melalui PDF yang disempurnakan, dan pemindaian dokumen di aplikasi Notes.iMessage di macOS Sonoma juga akan menyertakan banyak fitur baru seperti iOS 17 dan iPadOS 17, seperti tap back emoji dan antarmuka stiker emoji baru.

MacOS juga menyediakan pembaruan pada fitur password, di mana pengguna sekarang dapat membuat grup untuk berbagi satu set kata sandi. Setiap orang dalam grup tersebut dapat menambahkan dan mengedit password agar tetap terbarui dan karena berbagi dilakukan melalui iCloud Keychain, password tersebut dienkripsi secara menyeluruh.

Selain itu, fitur privasi dan keamanan juga turut ditingkatkan di mana terdapat peringatan konten sensitif yang akan mencegah pemaparan tak terduga terhadap foto dan video sensitif di AirDrop dan Message, panggilan masuk, dan pesan di FaceTime.

Perangkat Apa Saja yang Bisa Instal MacOS Sonoma?

Perangkat yang kompatibel dengan MacOS Sonoma yaitu iMac 2019 dan setelahnya, iMac Pro 2017 dan setelahnya, MacBook Air 2018 dan setelahnya, MacBook Pro 2018 dan setelahnya, Mac Pro 2019 dan setelahnya, Mac Studio 2022 dan setelahnya, serta Mac Mini 2018 dan setelahnya.

Itu tadi beberapa fitur baru dari MacOS Sonoma serta perangkat yang kompatibel dengan OS tersebut. Tertarik install OS tersebut?