Penemuan sebuah terowongan yang menghubungkan AS dan Meksiko untuk pengiriman narkoba.
Dunia

Intip Penemuan Sebuah Terowongan Penyelundupan Narkoba di AS

  • Sebuah terowongan yang menghubungkan AS dan Meksiko untuk pengiriman obat-obatan terlarang ditemukan di San Diego, AS.
Dunia
Fadel Surur

Fadel Surur

Author

SAN DIEGO - Sebuah terowongan yang menghubungkan AS dan Meksiko untuk pengiriman obat-obatan terlarang ditemukan di San Diego, AS.

Terowongan itu menghubungkan sebuah gudang di San Diego dan sebuah lokasi di kota Tijuana, Meksiko.

Kejaksaan Distrik Selatan California, AS melaporkan bahwa terowongan itu berada pada kedalaman 18 m dan memiliki diameter 1 m, seperti dikutip dari BBC

Dengan panjang mencapai 531 m, jalur bawah tanah ini memiliki rel kereta, listrik, dan sistem ventilasi. Terowongan antar perbatasan itu dibangun di bawah tanah saat ditemukan.

Otoritas di AS sebelumnya telah memantau properti di San Diego yang digunakan sebagai tempat menyimpan obat-obatan selundupan.

Obat-obatan yang ditemukan mencakup 776 kg kokain, 74 kg metamfetamin, dan 1,5 kg heroin. Selain itu, enam orang ditahan atas tuduhan penyelundupan narkoba. 

Para tersangka yang berusia 31 sampai 55 tahun kemungkinan akan dijatuhi hukuman penjara seumur hidup dan denda US$1 juta.

Jaksa mengatakan bahwa sebelum penemuan, petugas melihat beberapa kendaraan yang keluar-masuk properti di Tijuana dan gudang pada 13 Mei lalu.

“Kami akan melenyapkan seluruh rute penyelundupan bawah tanah yang ditemukan untuk mencegah obat-obatan terlarang mencapai daerah kami dan menghancurkan keluarga dan komunitas kami,” ujar jaksa Randy Grossman.