<p>PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) / Dok. Kalbe Farma</p>
Nasional

Intip Penerapan Ekonomi Berkelanjutan Kalbe Farma (KLBF) yang Fokus Terhadap Kesetaraan Gender

  • PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) berkomitmen dalam menerapkan prinsip environmental (lingkungan), social (sosial) dan governance (tata kelola perusahaan) atau ESG. Di mana perseroan fokus kepada kesetaraan gender (gender equality).
Nasional
Nadia Amila

Nadia Amila

Author

JAKARTA - PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) berkomitmen dalam menerapkan prinsip environmental (lingkungan), social (sosial) dan governance (tata kelola perusahaan) atau ESG. Di mana perseroan fokus kepada kesetaraan gender (gender equality).

Melalui Strategi Keberlanjutan Kalbe “Bersama Membangun Bangsa yang Sehat” menunjukkan komitmen perseroan untuk mengkomunikasikan tentang keberlanjutan dan menanggapi kebutuhan pemangku kepentingan. Secara internal, Kalbe mengikuti pilar ERAT yaitu Etos (Ethos), Raga (Tubuh), Asa (Perilaku), dan Act (Perbuatan).

Adapun penerapan kesetaraan gender ini masuk ke dalam salah satu prinsip ESG yaitu sosial yang juga masuk ke dalam pilar etos yang diterapkan Kalbe. Upaya Kalbe dalam menerapkan kesetaraan gender akan terbukti dari apa yang perusahan bisa lakukan untuk memberikan kesempatan yang sama dan memberdayakan perempuan. 

Selain itu, fasilitas perlu ditingkatkan, terutama yang terkait dengan perempuan. Di antaranya, ruang laktasi, membagi informasi melalui webinar terkait kesehatan perempuan maupun melalui produk, serta layanan kesehatan yang disediakan untuk masyarakat.

Komitmen penerapan keberlanjutan melalui kesetaraan gender digaungkan dengan penandatanganan kebijakan Kalbe Group oleh Vidjongtius.  Kebijakan ini menjadi panduan bagi seluruh Insan Kalbe dalam mewujudkan Kalbe SERASI (Selaras, Serasa, Semisi) untuk pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender.

Kalbe Group telah menyusun kerangka kerja kesetaraan gender perseroan yang terdiri dari lima pilar berdasarkan strategi keberlanjutan Kalbe “Bersama Sehatkan Bangsa”. 

Di antaranya, menerapkan kebijakan kesetaraan gender di grup Kalbe, peningkatan fasilitas yang terkait perempuan yakni webinar BSB (Bersama Sehatkan Bangsa) dengan tema kesehatan wanita, parenting.

Kemudian, program Kartini Kalbe, rencana program pendidikan dan pelatihan dengan topik kesetaraan gender, aktivitas rantai pasokan dan marketing, serta aktivitas komunitas yang mendukung kesetaraan gender.

Disisi lain dalam aspek lingkungan perseroan tercatat menggunakan energi tidak terbarukan naik dari 0,24% pada 2020 menjadi 1,73% pada 2021. Kemudian total emisi tidak terbarukan juga ikut naik dari 266,52 Ton CO2, naik menjadi 2,677,23 Ton CO2 pada 2021.

Namun, perseroan tercatat telah mengucurkan dana senilai Rp21,6 miliar untuk biaya pengelolaan lingkungan pada 2021.