Lini Bappebti
Nasional

Investasi Bodong Merajalela, Bappepti Luncurkan Call Center untuk Informasi dan Pengaduan

  • Kementerian Perdagangan melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) menghadirkan layanan call center yang disebut dengan Layanan Informasi Bappebti (Lini Bappebti)
Nasional
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - Kementerian Perdagangan melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) menghadirkan layanan call center yang disebut dengan Layanan Informasi Bappebti (Lini Bappebti).

Layanan ini dapat digunakan oleh masyarakat untuk melaporkan dan bertanya soal investasi ilegal. Selain itu Lini Bappebti dapat digunakan untuk menanyakan terkait produk serta program Bappebti seperti perdagangan berjangka komoditas (PBK), sistem resi gudang (SRG), dan pasar lelang komoditas (PLK).

"Layanan informasi ini tidak hanya fokus pada pengaduan soal robot trading yang saat ini tengah ramai, tetapi bisa terkait produk Bappebti lain seperti aset kripto. Masyarakat yang masih bingung jika ada tawaran investasi juga bisa menanyakan melalui layanan ini," kata Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga di kantor Bappebti pada Kamis 23 Juni 2022.

Wamendag melihat perkembangan dunia usaha terutama di bidang PBK baik transaksi, perkembangan komoditas hingga pertumbuhan pelanggan yang sangat pesat.

Hal ini terlihat dari besarnya jumlah pelanggan untuk perdagangan fisik aset kripto per Mei 2022 sebanyak 14,1 juta pelanggan.

Selain menjadi penyedia layanan informasi, diharapkan dengan adanya Lini Bappebti dapat menampung kritik dan masukan dari masyarakat kedepannya.

Peluncuran layanan ini, merupakan tindak lanjut dari hasil rapat dengar yang diadakan bersama komisi VI DPR RI pada 25 Mei 2022 lalu. Call center Lini Bappebti menyediakan empat saluran telepon dengan nomor 021-2301665, 021-2301654, 021-2301645, dan 021-2301663.

Pusat Bantuan Lini Bappebti akan beroperasi setiap hari kerja dari Senin hingga Jumat dari pukul 09.00-16.00 WIB.