Hankook
Dunia

Investasikan Rp24 Triliun, Hankook Siap Ekspansi Pabrik di Tennessee Amerika Serikat

  • Hankook Tire mengumumkan pada akhir Agustus lalu melalui dewan direksi menyetujui investasi sebesar US$1,6 miliar atau setara dengan Rp24 triliun rupiah di pabrik Tennessee.
Dunia
Feby Dwi Andrian

Feby Dwi Andrian

Author

JAKARTA - Hankook Tire mengumumkan pada akhir Agustus lalu melalui dewan direksi menyetujui investasi sebesar US$1,6 miliar atau setara dengan Rp24 triliun rupiah di pabrik Tennessee.

CEO Hankook Tire & Technology sekaligus President of Hankook Tire America Corp, Sooil Lee menyampaikan, bahwa dalam ekspansi ini Hankook akan menggandakan produksi ban mobil penumpang dan truk ringan (PC/LT) hingga 11 juta unit.

"Selain menggandakan produksi ban mobil penumpang, investasi ini juga merencanakan proyek perluasan serta penambahan 400 lapangan kerja. Sehingga total akan membubka 1.200 lowongan pekerjaan baru," ucap Sooil dalam keterangan tertulis pada Senin, 26 September 2022.

Ia menambahkan bahwa di pabrik Tennessee akan menyediakan rantai pasok lokal-ke-lokal yang efektif untuk memenuhi permintaan pelanggan secara lebih efektif.

Lebih lanjut, sejak Hankook membuka pabrik di Tennessee pada Oktober 2017 silam, perusahaan ban itu sudah memproduksi 5,5 juta ban setiap tahun untuk pasar Amerika Utara.

Pasar Amerika Utara telah menyumbang lebih dari 28% total penjualan ban Hankook pada tahun 2021.

"Perluasan produksi ini merupakan langkah yang penting untuk pertumbuhan pasar truk menengah, dan menjadikan Hankook sebagai salah satu produsen yang memproduksi produk ban untuk truk bus dan radial (TBR) di Amerika Serikat," kata Sooil.

Ia juga berharap Hankook bisa melakukan terobosan pada pabrik baru di awal 2023. Namun itu tergantung pada kesepakatan, persetujuan dan juga kondisi lainnya.

Produksi ban di tahap baru akan dimulai pada Q4 2024 dan mencapai kapasitas penuh pada awal 2026.

Sebagai informasi, pabrik Tennessee Hankook berlokasi di luar International Boulevard, di bagian selatan Corporate Business Park.

Beroperasi pada 8 lokasi produksi di 5 negara di dunia termasuk Amerika Serikat, Hungaria, Indonesia, Cina dan Korea. Saat ini, Hankook Tire memiliki kapasitas produksi global tahunan sekitar 100 juta unit.

Lewat ekspansi pabrik di Tennessee, perusahaan diharapkan dapat meningkatkan kapasitas produksi hingga 106,5 juta unit.