Akuisisi 25% saham KEEN oleh investor Jepang TEPCO RP
Korporasi

Investor Jepang TEPCO RP, Akusisi 25% Saham Kencana Energi (KEEN)

  • Investor asal Jepang TEPCO Renewable Power , Inc. telah resmi mengakuisisi 25% saham PT Kencana Energi Lestari Tbk (KEEN), dengan nilai akuisisi mencapai Rp394,12 miliar.
Korporasi
Merina

Merina

Author

JAKARTA - Investor asal Jepang TEPCO Renewable Power, Inc. telah resmi mengakuisisi 25% saham  PT Kencana Energi Lestari Tbk (KEEN), dengan nilai akuisisi mencapai Rp394,12 miliar.

Presiden Direktur  TEPCO RP, Fubasami Seiichi mengungkapkan, hal ini merupakan terobosan baru yang dilakukan oleh TEPCO RP  dengan melakukan investasi perdana pada perusahaan energi terbarukan.

“Karena langkah ini menandai investasi pertama TEPCO Renewable Power, Inc. di perusahaan energi baru terbarukan di luar negeri di luar Jepang yang mengelola beberapa perusahaan pembangkit listrik berbasis energi baru terbarukan," ujar Fubasami yang dikutip dari keterangan resmi, Kamis, 18 Februari 2022.

Dengan adanya akuisisi ini, TEPCO RP secara resmi telah memilih KEEN sebagai afiliasi dalam pengembangan energi baru dan terbarukan di Indonesia.

Wakil Presiden Direktur KEEN Wilson Maknawi mengatakan gabungnya TEPCO merupakan hasil dari upaya perseroan selama 2-3 tahun kebelakang dalam usaha mengembangkan bisnis perseroan.

“TEPCO RP dipilih menjadi investor strategis karena punya kesamaan visi dengan KEEN dalam mengembangkan energi hijau sekaligus memberi nilai tambah bagi pemegang saham Perseroan,” ujar Wilson Maknawi. 

Melalui akuisisi ini memantapkan  langkah  KEEN dalam membangun tenaga air baru dengan kapasitas 2.000 mw.

“Sedangkan dalam jangka menengah-panjang, KEEN akan berencana mengembangkan proyek-proyek baru di bidang energi baru terbarukan dengan target kapasitas sekitar 500 mw,” lanjut Wilson Maknawi. 

Adapun, TEPCO RP menjadi mitra startegi KEEN karena telah terbukti berpengalaman di bisnis terbarukan, selain itu, TEPCO RP berkomitmen akan memberikan pemahaman dan teknologi baru dalam bisnis energi terbarukan ini.

"Kami akan berkontribusi pada pengoperasian pembangkit listrik tenaga air yang ada yang dioperasikan oleh anak perusahaan KEEN. TEPCO RP sedang mempertimbangkan untuk berpartisipasi dalam pengembangan, pembangunan, dan pengoperasian proyek energi baru dan terbarukan di Indonesia,” imbuh Fubasami.

KEEN berharap, dengan adanya akuisisi ini dapat berdampak baik pada kinerja perseroan, yang mana perseroan menargetkan pendapatan sebesar US$21,5 juta, dan laba bersih sebesar US$8,1 juta pada tahun 2022.

Sementara itu selama kuartal IV-2021, perseroan diperkirakan dapat meraih pendapatan sebesar US$ 37,5 juta. serta laba tahun berjalan sebesar USD 5,1 juta. Sampai dengan kuartal III-2021, pendapatan KEEN tercatat US$26,6 juta dan laba bersih US$3,1 juta.