Nasional & Dunia

Investor Milenial Kian Dominan, Penjualan Sukuk SR013 Melalui BRI Tembus Rp3,5 Triliun

  • JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) mencatatkan penjualan sukuk retail pemerintah seri ke-4 atau SR013 dengan total Rp3,5 triliun. Angka tersebut naik 200% jika dibandingkan dengan total penjualan obligasi pemerintah melalui BRI pada 2019. Direktur Konsumer Bank BRI Handayani mengungkapkan, seiring dengan peningkatan penjualan itu, jumlah investor obligasi retail di BRI juga […]

Nasional & Dunia
Fajar Yusuf Rasdianto

Fajar Yusuf Rasdianto

Author

JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) mencatatkan penjualan sukuk retail pemerintah seri ke-4 atau SR013 dengan total Rp3,5 triliun. Angka tersebut naik 200% jika dibandingkan dengan total penjualan obligasi pemerintah melalui BRI pada 2019.

Direktur Konsumer Bank BRI Handayani mengungkapkan, seiring dengan peningkatan penjualan itu, jumlah investor obligasi retail di BRI juga turut meningkat menjadi 3.451. Jumlah ini didominasi oleh investor milenial dan generasi Z yang kini porsinya mencapai 28% dari total investor.

“Hal ini menunjukkan mulai terjadinya shifting investor ke arah usia yang lebih muda yang menggambarkan bahwa kesadaran investasi pada nasabah Bank BRI sudah sangat baik,” terang Handayani kepada TrenAsia.com, Kamis 8 Oktober 2020.

Secara terperinci, Handyani menjelaskan, saat ini segmen usia investor retail di BRI mencakup generasi X (1961 – 1980) dengan proporsi 50%. Lalu  diikuti oleh investor Milenial dan Z (1981 – 2005) total 28%. Terakhir, angkatan Baby Boomer (1920- 1960) sebesar 22%.

“Segmen muda baik Gen Milenial dan Gen Z yang secara total investor sudah menduduki posisi ke 2 kurang lebih 28% dari total Investor yang mengambil Obligasi Pemerintah melalui Bank BRI,” kata dia.

Saat ini Bank BRI sendiri masih memperdagangkan seri obligasi ritel pemerintah lanjutan, yakni ORI018. Kupon yang diberikan untuk oblogisai ini sebesar 5,7%. Besaran kupon ini leih kecil 30-70 poin dibandingkan dua seri obligasi pemerintah sebelumnya, yaitu ORI017 dan SR013.

Ini merupakan seri obligasi penutup tahun yang dilelang pemerintah guna membiaya program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Sebab itu, Handayani meyakini bahwa penjualan ORI018 ini juga akan mencapai target yang sama tinggi dengan SR013.

“Kami yakin potensi penjualan masih tinggi dengan asumsi kami bahwa para Investor dan nasabah Bank BRI tidak akan melewatkan kesempatan untuk mendapatkan produk yang aman dan menguntungkan ini,” pungkas dia.