Gaya Hidup

Investor Qatar Bidik Manchester United, Siapkan Duit Segini

  • Glazer disebut butuh dana enam miliar poundsterling untuk berbagai kebutuhan klub.
Gaya Hidup
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

MANCHESTER—Investor asal Qatar dikabarkan masuk dalam gelanggang untuk mengakuisisi Manchester United (MU). Calon pembeli yang terdiri dari sejumlah konglomerat Qatar menilai United sangat potensial karena merupakan klub terbesar di dunia.

Investor tersebut bakal mengajukan penawaran resmi dalam beberapa hari ke depan, seperti dilansir dari Sportsmail, Rabu 8 Februari 2023. Mereka dikabarkan menginginkan saham mayoritas klub. Bos MU, Malcolm Glazer, disebut membuka tenggat negosiasi hingga pertengahan Februari. Sejumlah media Inggris mengabarkan investor Qatar tersebut tak keberatan dengan permintaan Glazer.

Glazer disebut butuh dana enam miliar poundsterling untuk berbagai kebutuhan klub. Sekitar dua miliar poundsterling di antaranya untuk memugar Stadion Old Trafford. Hanya yang menjadi ganjalan saat ini adalah calon investor tersebut juga memiliki saham di Paris Saint-Germain (PSG). Hal itu bisa menjadi hambatan karena keduanya bisa bertemu di Eropa.

Seorang sumber yang mengetahui proses akuisisi tersebut menyatakan investor Qatar serius untuk mengembalikan kejayaan Setan Merah. Oleh karena itu, mereka menolak apabila ditawari saham minoritas di klub. Sumber tersebut membeberkan investor memiliki dana yang cukup untuk mengakuisisi MU. “Orang-orang ini serius. Mereka ingin memastikan United berada di tempat yang seharusnya. Mereka yakin tawarannya akan menjadi yang terkuat,” kata sumber tersebut.

Belum lama ini orang terkaya di Inggris, Sir Jim Ratcliffe, juga dikabarkan tertarik membeli Manchester United. Ratcliffe disebut telah mengajukan tawaran resmi untuk mengambilalih MU dari tangan Malcolm Glazer. Namun hingga kini proses negosiasi tak diketahui kelanjutannya. Ambisi investor Qatar menguasai MU tak lepas dari adu gengsi mereka dengan negara tetangga, Uni Emirat Arab (UEA). Diketahui investor UEA kini memiliki saham mayoritas di rival MU, Manchester City.