<p>Co-Founder & CEO PT Investree Radhika Jaya Adrian Gunadi yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) / Investree.id</p>
Fintech

Investree Salurkan Kredit Rp18,65 Triliun per Kuartal III-2022, Naik 55,2 Persen

  • Angka tersebut mengindikasikan kenaikan sebesar 55,2% secara tahunan atau year-on-year (yoy) jika dibandingkan dengan periode yang sama pada 2021.
Fintech
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA - PT Investree Radhika Jaya, perusahaan penyedia layanan fintech lending atau pinjaman online (pinjol), membukukan penyaluran kredit sebesar Rp18,65 triliun hingga akhir kuartal III-2022.

Angka tersebut mengindikasikan kenaikan sebesar 55,2% secara tahunan atau year-on-year (yoy) jika dibandingkan dengan periode yang sama pada 2021.

Sementara itu, rata-rata pemberi pinjaman atau lender menerima tingkat imbal hasil sebesar 16,3% pertahun.

Saat ini, Investree menghimpun sekitar 57.000 lender dan 18.000 peminjam atau borrower. Angka borrower tersebut 90%-nya adalah pelaku wirausaha ultra mikro dari ekosistem Koperasi Jasa dengan Unit Usaha Simpan Pinjam Gramindo Berkah Madani.

Para peminjam dari ekosistem tersebut adalah ibu-ibu pemilik usaha sederhana seperti rumah makan, toko kelontong, dan binatu rumahan.

Menurut pantauan Selasa, 18 Oktober 2022 pukul 15.20 WIB, Tingkat Keberhasilan Bayar 90 hari (TKB90) Investree berada di level 92,14%.

Co-founder dan Chief Executive Officer (CEO) Investree Adrian Gunadi mengatakan, dalam setahun ke belakang, pihaknya sangat mengandalkan strategi kolaborasi dengan memaksimalkan model bisnis yang didorong oleh ekosistem untuk memberikan akses pembiayaan yang lebih mudah dan cepat untuk pelaku UMKM.

Selain itu, perkembangan yang dicapai Investree dalam setahun terakhir pun dipengaruhi oleh akuisisi Amar Bank oleh Investree Group.

Kemudian, Investree juga menjalin kerja sama dengan beberapa perusahaan seperti AIForesee sebagai penyedia layanan skor kredit alternatif dan Sahabat Bisnis yang menyediakan layanan solusi untuk pelaku usaha.

"Investree berkomitmen menjadikan platform ini lebih komprehensif dengan mengajak borrower, lender, rekanan, dan semua pihak #GrowToge7her melalui kolaborasi yang lebih berdampak dan digitalisasi di setiap lapisan aktivitas," kata Adrian melalui keterangan tertulis yang diterima TrenAsia, Selasa, 18 Oktober 2022.

Investree mengumumkan bahwa pihaknya akan merayakan ulang tahun ke-7 pada 28 Oktober mendatang. Untuk memperingati hari lahirnya perusahaan, Investree menghadirkan beberapa promosi yang bisa diikuti masyarakat.

Misalnya, bagi lender yang ingin mendongkrak asetnya, bisa memperoleh cashback Rp70.000 untuk setiap pendanaan pertama, ekstra imbal hasil hingga Rp1,21 juta, dan cashback Rp450.000 untuk pembukaan rekening dan pendanaan dengan rekening dana lender (RDL) Danamon.

Sementara itu, untuk para pelaku UMKM yang berperan sebagai borrower, bisa mendapatkan cashback hingga Rp7 juta dengan minimal pengajuan pinjaman Rp100 juta. Promosi ini berlangsung selama 1-31 Oktober 2022.

"Beranjak usia ke-7, Investree akan semakin mengoptimalkan kolaborasi dan digitalisasi untuk melayani lebih banyak lagi pelaku UMKM di tanah air," ujar Adrian.