IPCC Terminal Kendaraan
Korporasi

IPCC Catatkan Kinerja Keuangan Positif

  • Layanan Jasa Terminal terus menjadi penyumbang utama pendapatan IPCC, kenaikan terjadi sebesar 18,47% (YoY) di semester pertama tahun ini, mencapai Rp336,13 miliar.

Korporasi

Muhammad Imam Hatami

JAKARTA - IPCC Terminal Kendaraan atau PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (IPCC) mencatatkan laporan keuangan positif. IPCC berhasil mencatatkan peningkatan Pendapatan Usaha  sebesar 21,37% (YoY) menjadi Rp366,96 miliar di paruh pertama tahun ini, meningkat dari angka sebelumnya sebesar Rp302,34 miliar. 

Layanan Jasa Terminal terus menjadi penyumbang utama pendapatan IPCC, kenaikan terjadi sebesar 18,47% (YoY) di semester pertama tahun ini, mencapai Rp336,13 miliar. Selain itu, Layanan jasa barang juga mengalami pertumbuhan sebesar 28,65% menjadi Rp20,26 miliar., dilansir siaran pers IPCCC, Kamis, 20 Juli 2023.

Layanan Jasa Terminal tetap menjadi kontributor utama pendapatan IPCC. Layanan ini berhasil mencatatkan pertumbuhan yang kuat sebesar 18,47% (YoY) di semester pertama tahun ini, mencapai angka Rp336,13 miliar. 

Keberhasilan IPCC dalam mempertahankan dan meningkatkan dominasinya di sektor ini menunjukkan efisiensi dan efektivitas dalam menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat.

Pertumbuhan lainnya terlihat pada Layanan Jasa Barang, yang juga mencatatkan kenaikan sebesar 28,65% menjadi Rp20,26 miliar. Begitu pula dengan Pelayanan Rupa-rupa dan Pengusahaan Tanah, Bangunan, Air, dan Listrik yang memberikan kontribusi signifikan dalam pertumbuhan pendapatan perusahaan.

Dari segi Laba Tahun Berjalan, IPCC mencatatkan angka sebesar Rp78,92 miliar atau mengalami peningkatan yang signifikan sebesar 73,77%. Kenaikan laba ini berarti bahwa IPCC berhasil mengelola bisnisnya dengan baik dan memberikan nilai tambah bagi para pemegang sahamnya. 

Sementara itu, rasio profitabilitas IPCC juga menunjukkan kinerja yang baik. Net Profit Margin meningkat menjadi 21,51% di semester pertama tahun ini dari periode yang sama tahun sebelumnya, yaitu 15,02%. Demikian pula, Gross Profit Margin mencapai 47,08%, meningkat dari 42,78% tahun sebelumnya. 

Secara keseluruhan, pencapaian positif yang ditunjukkan oleh IPCC dalam pertumbuhan pendapatan dan laba mengindikasikan bahwa perusahaan berhasil menghadapi tantangan di tengah ketidakpastian dan persaingan yang ketat di pasar.

Langkah-langkah strategis dan manajemen yang efisien memainkan peran penting dalam kesuksesan perusahaan ini. IPCC terus berkomitmen untuk menjadi pemain utama di industri terminal kendaraan dan memberikan kontribusi positif pada sektor transportasi di Indonesia.