Korporasi

IPCC Teken Kerja Sama Pengoperasian Pelabuhan Belawan

  • PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (IPCC) mengumumkan penandatanganan kontrak kerja sama dengan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 1 Cabang Pelabuhan Belawan pada 10 Desember 2021.
Korporasi
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (IPCC) mengumumkan penandatanganan kontrak kerja sama dengan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 1 Cabang Pelabuhan Belawan pada 10 Desember 2021.

Sekretaris Perusahaan IPCC, Sofyan Gumelar mengatakan bahwa perjanjian tersebut adalah meliputi kegiatan-kegiatan jasa bongkar muat dan penumpukan, penyandaran kapal, perangkat kesisteman pendukung operasi, hingga pelayanan supervise bongkar muat.

Ia mengungkapkan, skema kerja sama dilakukan dengan berbagi pendapatan (revenue sharing) atas kegiatan-kegiatan Pengoperasian Fasilitas Terminal Roro dan Kendaraan di Pelabuhan Belawan. Di mana IPCC diberikan hak untuk melakukan kegiatan pengoperasian.

“Transaksi ini merupakan transaksi afiliasi di lingkungan Pelindo Group dengan tujuan untuk mendukung terintegrasinya antar Pelindo,” ujarnya melalui keterbukaan informasi, Selasa, 14 Desember 2021.

Hingga ditandatanganinya perjanjian tersebut, belum terlihat adanya dampak kejadian di saat itu juga, informasi atau fakta material tersebut terhadap kegiatan operasional maupun kondisi keuangan, atau kelangsungan usaha terhadap Perseroan oleh karena masih dalam tahap awal.

“Sementara itu, dari sisi hukum, jelas telah terjadi perikatan di antara keduanya untuk memulai kegiatan layanan bongkar muat kendaraan di terminal tersebut,” imbuhnya.

Selanjutnya sebagai tindak lanjut dari penandatanganan perjanjian tersebut, IPCC masih akan melakukan pembahasan lebih lanjut terkait dengan kesiapan lapangan operasional, sistem oeprasional hingga program digitalisasi di terminal tersebut, kesiapan SDM, dan hal-hal lain yang diperlukan.