<p>Anak usaha Bukalapak bakal mendapat kucuran dana. Terlihat gambar multiple exposure logo Bukalapak dan layar pergerakan IHSG di Jakarta, Kamis, 24 Juni 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Fintech

IPO Bukalapak Incar Dana Rp22 Triliun, Catat Jadwalnya

  • E-commerce unicorn PT Bukalapak.com Tbk segera menggelar penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO) di PT Bursa Efek Indonesia (BEI).

Fintech
Sukirno

Sukirno

Author

JAKARTA – E-commerce unicorn PT Bukalapak.com Tbk segera menggelar penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO) di PT Bursa Efek Indonesia (BEI). Bukalapak mengincar dana Rp21,9 triliun dari pasar modal.

Bukalapak dalam prospektus yang rilis Jumat, 9 Juli 2021, menawarkan maksimum 25.765.504.851 lembar saham biasa atas nama yang seluruhnya adalah saham baru dan dikeluarkan dari portepel perseroan, dengan nilai nominal Rp50 setiap saham. Saham baru tersebut mewakili sebanyak-banyaknya sebesar 25% dari modal ditempatkan dan disetor perseroan setelah IPO.

Saham Bukalapak ditawarkan kepada publik dengan harga penawaran berkisar antara Rp750 sampai dengan Rp850 setiap saham yang harus dibayar penuh pada saat mengajukan Formulir Pemesanan Pembelian Saham (FPPS).

Jumlah seluruh nilai Penawaran Umum Perdana Saham ini adalah sebanyak-banyaknya sebesar Rp21,9 triliun.

Manajemen Bukalapak menunjuk PT Mandiri Sekuritas dan PT Buana Capital Sekuritas sebagai penjamin pelaksana emisi alias underwriter. Sedangkan, PT UBS Sekuritas Indonesia dan PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia bertindak selaku penjamin emisi efek.

Bukalapak dijadwalkan akan menggelar paparan publik secara virtual pada hari ini, Jumat, 9 Juli 2021.

Dalam dokumen yang bocor beberapa waktu lalu, diketahui bahwa Bukalapak akan melaksanakan roadshow mulai 28 Juni 2021. Jika disetujui dan tidak ada perubahan jadwal, maka perusahaan yang dipimpin Rachmat Kaimuddin ini bakal melantai di BEI pada 29 Juli 2021 dengan kode saham BUKA.

Di samping itu, perusahaan juga akan mengalokasikan saham untuk manajemen dan karyawan atau program management and employee stock option plan (MESOP) sebanyak-banyaknya 4,9% dari total penawaran dan modal disetor.

Tak sampai di situ, Bukalapak turut melakukan program kepemilikan saham oleh karyawan melalui program employee stock allocation (ESA) sejumlah 0,1% dari jumlah saham yang akan diterbitkan dalam IPO nanti.

Berikut Jadwal IPO Bukalapak:

Masa Penawaran Awal: 09 – 19 Juli 2021
Masa Penawaran Umum Perdana Saham: 28 – 30 Juli 2021
Tanggal Penjatahan: 03 Agustus 2021
Tanggal Distribusi Saham Secara Elektronik: 05 Agustus 2021
Tanggal Pengembalian Uang Pesanan: 05 Agustus 2021 (SKO)