Lembaga pelatihan PT Idea Indonesia Akademi Tbk (IDEA) resmi IPO. / Dok. Perseroan
Korporasi

IPO Hari Ini, IDEA Tercatat di Papan Akselerasi Rp140 Selembar

  • Saham IDEA memiliki nominal Rp40 per lembar dengan harga penawaran umum Rp140 selembar. Emiten ini mendapatkan ticker IDEA dan dicatat di papan akselerasi.
Korporasi
Sukirno

Sukirno

Author

JAKARTA - Lembaga pelatihan PT Idea Indonesia Akademi Tbk (IDEA) resmi tercatat di PT Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Kamis, 9 September 2021.

Saham IDEA memiliki nominal Rp40 per lembar dengan harga penawaran umum Rp140 selembar. Emiten ini mendapatkan ticker IDEA dan dicatat di papan akselerasi.

Total saham yang dicatatkan sebanyak 1.062.437.500 lembar, terdiri dari saham pendiri 849.950.000 lembar dan saham penawaran umum 212.487.500 lembar.

Setelah menggelar penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO), saham milik PT Idea Asia Investama, Achmad Machlus Sadat, dan Eko Desriyanto dilarang dijual sampai 8 bulan.

Dalam aksi IPO korporasi ini, IDEA mengantongi dana segar Rp148,6 miliar.

Rencananya, sekitar Rp5 miliar dari total keseluruhan dana hasil IPO, bakal digunakan perseroan untuk menyelesaikan pembangunan asrama. Kemudian, sebanyak Rp15 akan dialokasikan untuk penyertaan saham di anak perusahaan, yaitu PT AIP.

Rinciannya, Rp11 miliar akan digunakan untuk penyelesaian pembangunan hotel milik PT AIP. Lalu, sisanya senilai Rp4 miliar diperuntukkan sebagai modal kerja entitas usaha IDEA tersebut. PT Indo Capital Sekuritas ditunjuk sebagai penjamin pelaksana emisi efek dalam IPO perseroan.