Ilustrasi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).
Korporasi

IPO Hari Ini, Informasi Teknologi Indonesia (JATI) Akan Gunakan Dana untuk Pengembangan Modul AI dan dan Panel Interface

  • Saham JATI ditawarkan kepada masyarakat dengan harga penawaran Rp100 perlembar. Dengan demikian, dana yang dihimpun dari IPO ini bisa mencapai Rp65,25 miliar.
Korporasi
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA - PT Informasi Teknologi Indonesia Tbk (JATI) yang akan melaksanakan penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) hari ini, Senin, 8 Mei 2023, akan menggunakan dana yang dihimpun untuk pengembangan modul artificial intelligence (AI) dan panel interface.

Mengutip prospektus perseroan, JATI menerbitkan sebanyak-banyaknya 652,5 juta lembar saham dengan nilai nominal Rp20 perlembar atau setara dengan Rp20% modal ditempatkan dan disetor penuh dalam perseroan.

Saham JATI ditawarkan kepada masyarakat dengan harga penawaran Rp100 perlembar. Dengan demikian, dana yang dihimpun dari IPO ini bisa mencapai Rp65,25 miliar.

JATI pun menerbitkan sebanyak 652,5 juta waran seri I yang menyertai saham baru perseroan. Waran ini diberikan sebagai insentif bagi para pemegang saham baru yang namanya terhimpun dalam daftar pemegang saham pada tanggal penjatahan.

Waran seri I yang dirilis memiliki jangka waktu pelaksanaan selama enam bulan sebagai efek yang diterbitkan oleh perseroan yang memberikan hak kepada pemegangnya untuk memesan saham biasa atas nama perseroan yang bernilai nominal Rp20 persaham dengan harga pelaksanaan Rp250 perlembar.

Sekitar 55,52% dari dana IPO akan digunakan sebagai belanja modal perseroan, yang mana sekitar 27,58% akan digunakan untuk pengembangan modul AI chatbot, yang mana modul ini akan mengefisiensikan kinerja layanan perseroan kepada pelanggan business-to-business (B2B).

Efisiensi ini diproyeksikan dapat membantu meningkatkan kualitas interaktif layanan pesan pengguna akhir para pelanggan perseroan.

Kemudian, sekitar 27,94% akan digunakan untuk pengembangan modul aplikasi panel interface marketplace WhatsApp e-commerce yang bekerja sama dengan pihak ketiga.

Modul ini bertujuan untuk mempermudah para pelanggan eksisting dan calon pelanggan perseroan untuk melakukan pengaturan serta pemasaran barang dan jasa pelanggan perseroan kepada end user.

Sementara itu, sisanya akan digunakan untuk keperluan modal kerja perseroan, di antaranya untuk sumber daya manusia (SDM), digital security dan license, biaya marketing, biaya pemeliharaan B2B cloud service, serta penyusunan advanced application programming interface (API) library untuk menunjang kegiatan usaha JATI. 

Untuk diketahui, PT Informasi Teknologi Indonesia, yang dikenal sebagai Jatis Mobile, didirikan pada tahun 2002 dan bergerak dalam penyediaan solusi pengiriman pesan kelas dunia dan distribusi digital untuk semua industri. 

Perseroan berpengalaman selama 20 tahun fokus pada messaging solution dan application development. Per-September 2022, Perseroan didukung oleh 209 talenta Indonesia.