Perusahaan kimia PT OBM Drilchem Tbk (OBMD) IPO di pasar modal. / Dok. Drilchem
Korporasi

IPO OBM Drilchem, Saham OBMD Listing Hari Ini Rp180 Selembar

  • Perusahaan kimia PT OBM Drilchem Tbk resmi tercatat (listing) di PT Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode saham OBMD pada Rabu, 8 Desember 2021.
Korporasi
Merina

Merina

Author

JAKARTA - Perusahaan kimia PT OBM Drilchem Tbk resmi tercatat (listing) di PT Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode saham OBMD pada Rabu, 8 Desember 2021.

OBM Drilchem dicatatkan di papan pengembangan dan menjadi emiten ke-49 yang listing di BEI pada 2021. OBMD bergerak pada sektor dan sub sektor basic materials.

Adapun Industri OBMD adalah chemicals dengan sub industri specialty chemicals. Harga penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO) OBMD senilai Rp180 per lembar saham. Jumlah saham yang dicatatkan sebanyak 732 juta lembar saham.

Kapitalisasi pasar saham OBMD senilai Rp131,76 miliar. Selain itu, akan dicatatkan pula Waran OBMD dengan kode  OBMD-W. Exercise price dari OBMD-W adalah senilai Rp180.

Harga IPO OBM Drilchem berada di rentang atas dengan perolehan dana segar Rp32,76 miliar. Seluruh dana yang diperoleh dari IPO akan seluruhnya digunakan untuk pembelian bahan baku.

Berikut profil ABM Drilchem:

Perusahaan kimia PT OBM Drilchem Tbk (OBMD) IPO di pasar modal. / Dok. Drilchem

Bidang usaha
Memproduksi bahan aditif untuk mencegah kerugian dalam aktivitas pengeboran dengan teknologi serat.

Ringkasan Perusahaan Emiten
Perseroan pertama kali didirikan dengan nama PT OBM Drilchem berkedudukan di Jakarta Pusat yang akta pendiriannya sebagaimana dimuat dalam Akta Perseroan Terbatas No. 30 tanggal 9 Januari 1996 dibuat di hadapan Sinta Susikto, S.H., Notaris di Jakarta dan telah memperoleh pengesahan dari Menteri Kehakiman Republik Indonesia sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Kehakiman Republik Indonesia No. C-8396 HT.01.01.Th.97 tertanggal 25 Agustus 1997, yang telah sesuai dengan Data Akta Pendirian Perseroan tanggal 25 Agustus 1997 yang dibuat oleh Sinta Susikto, S.H., berkedudukan di Jakarta (selanjutnya disebut “Akta Pendirian”). Akta Pendirian Perseroan tersebut telah didaftarkan dalam Daftar Perusahaan sesuai dengan Undang-Undang No. 3 Tahun 1982 tentang Wajib Daftar Perusahaan (selanjutnya disebut “UU WDP”) dengan nomor TDP 09021616413 di Kantor Pendaftaran Perusahaan Kotamadya Jakarta Barat No. 1235/BH.09.02/VI/98 tertanggal 16 Juni 1998. Selanjutnya, Akta Pendirian telah tersebut telah diumumkan dalam BNRI No. 82 tanggal 12 Oktober 1999, TBNRI No. 6689 tahun 1999.

Perseroan merupakan perusahaan multinasional dan multirasial yang memproduksi bahan aditif untuk mencegah kerugian yang terjadi dalam aktivitas pengeboran dengan menggunakan teknologi serat yang merupakan salah satu pemain terdepan di bidangnya. Produk-produk yang dijual oleh perseroan bertujuan untuk mengurangi waktu non-produktif di site, membantu meningkatkan stabilitas sumur bor, mencegah kehilangan cairan pada sumur bor, mencegah penempelan diferensial, mengurangi torsi dan tarikan yang berlebihan dan meningkatkan pembersihan lubang.

Selain itu, perseroan juga menawarkan berbagai jenis jasa terkait kegiatan on-site dan off-site yang meliputi membuat desain proposal teknis dan solusi sesuai dengan jenis sumur masing-masing, menyediakan jasa engineering dan pelatihan dalam penggunaan produk-produk perseroan on-site, dan menyediakan jasa custom desain dan produk sesuai dengan kebutuhan masing-masing pelanggan.

Perseroan memiliki pusat produksi dan fasilitas riset yang berada di daerah Karawang, Jawa Barat yang merupakan kawasan industri strategis untuk distribusi baik nasional maupun internasional. Pabrik perseroan saat ini diklaim masih beroperasi dengan utilization rate di bawah 100% yang menunjukkan kapasitas perseroan untuk dapat melakukan ekspansi produksi setiap saat.

Dalam menjalankan kegiatan usahanya, perseroan melakukan perjanjian kerja dengan pelanggan dengan jangka waktu perjanjian yang relatif pendek. Akan tetapi, perjanjian pengadaan di industri migas baik pasar nasional dan internasional mengikuti peraturan dan prosedur pengadaan yang telah diatur oleh SKK Migas, di mana nature dari perjanjian pengadaan ini berdurasi selama 2 tahun dan paling lama 5 tahun. Sebelum masa berakhir perjanjian, pelanggan mengadakan tender pengadaan baru. Khusus untuk pasar nasional, persetujan pengadaan tender adalah dari SKK Migas sebagai, Regulatory Body. Selain itu berdasarkan data historis, perjanjian kerja atau kontrak-kontrak dengan pelanggan mengalami perpanjangan terus menerus.

Alamat
Dipo Business Center 7th floor, Suite 7E Jl. Gatot Subroto Kav. 50-52, Jakarta 10260

Situs Perusahaan Emiten
http://www.drilchem.com/

Jumlah Saham Ditawarkan
182.000.000 saham

Persentase dari Total Saham Dicatatkan
24,86%

Partisipan Admin
HD - KGI Sekuritas Indonesia

Penjamin Emisi Efek
HD - KGI Sekuritas Indonesia