<p>Tampak maket Mega Proyek Kota Mandiri dan Satelit Baru Kota Podomoro Tenjo yang dipamerkan di Atrium Central Park Jakarta, Senin, 17 Agustus 2020. Kota Podomoro Tenjo persembahan Agung Podomoro Group diharapkan menjadi katalisator perekonomian Indonesia sekaligus menginspirasi pelaku usaha properti yang lain maupun stakeholder di bisnis properti, untuk bersama &#8211; sama membangkitkan kembali industri properti di Tanah Air. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Industri

IPW Bakal Berikan Penghargaan Bagi Developer Tangguh Semasa Pandemi

  • Indonesia Property Watch (IPW) bersama 99 Group akan menyelenggarakan penghargaan bertajuk Golden Property Awards 2021. Berbeda dari sebelum-sebelumnya, penghargaan dua tahunan ini akan memberikan apresiasi khusus untuk pengembang yang dapat bertahan selama pandemi.

Industri
Reza Pahlevi

Reza Pahlevi

Author

JAKARTA – Indonesia Property Watch (IPW) bersama 99 Group akan menyelenggarakan penghargaan bertajuk Golden Property Awards 2021. Berbeda dari sebelum-sebelumnya, penghargaan dua tahunan ini akan memberikan apresiasi khusus untuk pengembang yang dapat bertahan selama pandemi.

“Banyak pengembang-pengembang yang bisa eksis bahkan bisa meningkatkan penjualannya di saat pandemi seperti ini. Itu kerja keras yang luar biasa dari pengembang dan itu kita apresiasi,” ujar Direktur Eksekutif IPW Ali Tranghanda dalam acara peluncuran Golden Property Awards 2021, Selasa, 8 Juni 2021.

Ali mengatakan ada berbagai kriteria tertentu dalam memberikan penghargaan ini. Kriteria ini tidak hanya dari jumlah penjualannya, tetapi juga kualitasnya. Kualitas ini pun terbagi lagi dari lokasi, pengembangan, pemasaran, dan manajemen.

Nantinya, pengembang yang dinilai dapat bertahan selama pandemi akan diberikan penghargaan Post-Pandemic Special Awards. Post-Pandemic Award sendiri merupakan salah satu dari 28 kategori penghargaan yang diberikan dalam Golden Property Awards 2021.

Kategori ini mulai dari penghargaan untuk individu, perumahan, apartemen, perusahaan properti, pemasaran digital, dan produk-produk inovatif.

Ali mengatakan pihaknya hanya dapat memberikan penghargaan untuk properti di daerah Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, Serang, Cilegon, dan Jawa Barat. Hal ini juga disebabkan adanya pandemi yang membuat mobilitas terbatas.

“Sebelum-sebelumnya, kami melakukan survei untuk penghargaan ini ke Kalimantan, Sulawesi, Sumatra, di seluruh Indonesia. Tahun ini, kami membatasi diri karena pandemi,” katanya.

IPW mendasarkan pemberian penghargaan ini dengan survei, riset, dan analis independen. Nantinya, ada juga expert panel yang melibatkan Real Estate Indonesia (REI) dan Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (AREBI).

Tahun ini, ada 138 proyek yang ikut serta untuk memperebutkan 65 posisi pemenang dalam penghargaan ini. Hingga Mei 2021, IPW sudah berhasil melakukan survei terhadap 86 proyek. Para pemenang akan diumumkan dalam perhelatan akbar Golden Property Awards yang dilaksanakan pada Kamis, 9 September 2021.

Untuk tahun ini, IPW bekerja sama dengan 99 Group yang di dalamnya termasuk Rumah123.com. Ini pertama kalinya IPW bekerja sama dengan 99 Group untuk Golden Property Awards, sebelumnya mereka hanya melaksanakan penghargaan sendiri pada 2019.

“Dengan strategi pemasaran tepat yang didukung data pasar paling akurat, serta pengalaman 99 Group di media digital, Golden Property Awards dapat menjadi referensi konsumen ketika melakukan investasi properti,” ujar CEO 99 Group Indonesia Chong Ming Hwee dalam kesempatan yang sama.