iran serang israel.jpg
Rekomendasi

Iran - Israel Memanas, Saham ANTM dan MBMA Layak Dikoleksi

  • Banyak investor akan beralih menuju aset Safe-Haven seperti emas
Rekomendasi
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – Founder Stocknow.id melihat, peluang untuk deskalasi konflik relatif kecil dalam jangka pendek. 

Jika konflik meluas ke wilayah Iran, risiko gangguan supply minyak meningkat. Israel mungkin akan menyerang sumur minyak Iran. Hal ini akan mengakibatkan gangguan pasokan minyak. Sementara itu, Turki dan Russia sangat mungkin terseret dalam eskalasi konflik. 

"Serta, Dampak utama bagi Indonesia adalah gangguan rantai pasokan melalui Terusan Suez," kata Hendra dalam risetnya, Selasa 16 April 2024. 

Adapun produk yang terganggu adalah gandum, minyak, dan komponen produksi dari Eropa misalnya, mesin. Setidaknya, kata Hendra, ongkos kargo akan kembali naik.

Dengan kondisi tersebut, Stocknow.id memproyeksikan IHSG akan bergerak dengan kecenderungan melemah terbatas pada hari ini dengan menguji level Psikologis Support pada 7.200 dan Resistancenya di level 7.300. 

Adapun sentimen yang mendorong pelemahan IHSG pada hari ini ada beberapa hal, yaitu aksi outflow yang dilakukan oleh para investor yang disebabkan karena potensi eskalasi di timur tengah yang berkelanjutan. 

Eskalasi di antara Israel dan Iran dapat menimbulkan gejolak ekonomi yang negatif secara global. Hal tersebut dapat menjadi salah satu faktor pasokan minyak bumi hingga komoditas dapat terganggu. 

"Sehingga, banyak investor akan beralih menuju aset Safe-Haven seperti emas." 

Adapun, harga emas sejak awal bulan Maret 2024 lalu, harga emas sudah melonjak sebesar +16% atau menyentuh level All Time Highnya pada level 2.431. 

Adapun secara teknikal, IHSG berhasil rebound dalam beberapa waktu lalu, tetapi perlu dikhawatirkan adanya Pullback dari candlestick IHSG yang tidak mampu menembus Dynamic Resistancenya pada EMA 20. 

"Kami merekomendasikan swing trade di saham: 
MBMA pada harga 580, dengan TP1 di 595, TP2 di 610, dan SL di 560." 

ANTM di harga 1670, dengan TP1 di 1720, TP2 di 1750, dan SL di 1615. MEDC (MAINTAIN HOLD) di harga 1560, dengan TP1 di 1600, TP2 di 1645, dan SL di 1495. 

Sedangkan, dari fast trade ada saham ada
DOID di harga 438, dengan TP1 di 448, TP2 di 464, dan SL di 418.