<p>Konglomerat pemilik Grup Lippo Mochtar Riady / Nikkei</p>
Korporasi

Iron Mountain Resmi Kendalikan Multifiling Mitra Indonesia (MFMI) Usai Dilego Grup Lippo

  • Iron Mountain Hong Kong Limited resmi menjadi pengendali PT Multifiling Mitra Indonesia Tbk (MFMI) setelah dilepas PT Multipolar Tbk (MLPL) milik Grup Lippo.
Korporasi
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – Iron Mountain Hong Kong Limited resmi menjadi pengendali PT Multifiling Mitra Indonesia Tbk (MFMI) pascaaksi pelepasan kepemilikan saham oleh PT Multipolar Tbk (MLPL) milik Grup Lippo.

Direktur Iron Mountain Hong Kong Limited Richard Johnstone menyampaikan bahwa pihaknya telah merampungkan penawaran tender wajib (tender offer) saham MFMI. Hal ini sejalan dengan aturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ketika terjadi peralihan pengendali pada sebuah emiten.

Dalam transaksi tersebut, Iron Mountain telah melaksanakan pembelian 52.207.300 lembar saham MFMI atau sekitar 6,89% dari keseluruhan saham perseroan pada harga Rp689 per lembar.

“Transaksi tersebut dilaksanakan pada 15 September 2021 dengan status kepemilikan secara langsung,” ujar Richard melalui pengumuman Bursa Efek Indonesia (BEI), dikutip Rabu, 22 September 2021.

Dengan begitu, Iron Mountain saat ini mengempit 752.632.700 lembar saham MFMI. Jumlah tersebut setara dengan persentase kepemilikan saham 99,35% dari keseluruhan modal ditempatkan dan disetor perseroan. 

Seperti diketahui, Multipolar bersama dengan anak usahanya, PT Surya Cipta Investama (SCI) dan PT Cahaya Investama (CI) telah melego kepemilikan sahamnya di PT Multifilling Mitra Indonesia Tbk (MFMI).

MLPL bersama dengan sejumlah entitas anak usahanya tersebut menjual 700.425.400 lembar saham yang mewakili 92,46% kepemilikan saham MFMI kepada Iron Mountain Hong Kong Limited. Dengan harga pelaksanaan Rp272 per lembar, MLPL ditaksir meraih Rp190,51 miliar.

Di pasar modal, saham MFMI ditutup menguat 1,23% ke level Rp820 per lembar pada akhir sesi perdagangan Selasa, 21 September 2021. Sedangkan, pada pembukaan hari ini, saham MFMI telah menanjak 2,44% menuju harga Rp840 per lembar.