<p>Tangkapan Layar Peta Israel di Google Maps pada Jumat, 24 Juli 2020, tidak tertulis Palestina. / Google</p>
Dunia

Israel Serang Jenin Palestina, Lima Orang Tewas

  • Serangan udara kembali dilancarkan oleh militer Israel menyasar kamp pengungsian di wilayah Jenin bagian dari Tepi Barat.

Dunia

Muhammad Imam Hatami

JAKARTA- Serangan udara kembali dilancarkan oleh militer Israel ke kamp pengungsian di wilayah Jenin bagian dari Tepi Barat. Misil diluncurkan lewat helikopter dan membunuh tiga warga palestina seketika.

Para saksi menyatakan terdapat sepuluh serangan udara dengan misil yang dilancarkan ke wilayah Jenin Senin pagi 3 Juli 2023. Serangan menghantam gendung-gedung menyebabkan asap mengepul diberbagai tempat dan reruntuhan bangunan berserakan dimana mana.


Konvoi kendaraan lapis baja tantara Israel nampak memasuki pusat kota jenin. Seperti dikutip TrenAsia dari Aljazeera 4 Juli 2023, Direktur bulan sabit Merah Palestina di Jenin Menyampaikan banyak gedung telah dibom. "Ada pemboman dari udara dan invasi dari darat," ujar Mahmoud.


Kementrian Kesehatan Palestina menyampaikan serangan tersebut  menewaskan 4 orang, dan melukai belasan orang lainya dengan beberapa diantaranya dalam kondisi kritis. Tak jauh dari wilayah Jenin, di kota Ramallah Tepi Barat, seorang warga palestina ditembak mati oleh tantara Israel. Kematian warga Ramallah ini menjadi kematian ke 4 pada hari ini.


Serangan tantara Israel yang semakin massif beberapa bulan terakhir telah meningkatkan tensi kekerasan di wilayah Tepi Barat yang dikuasai Palestina. Serangan serangan tersebut tidak hanya melibatkan pesawat dan invasi darat, namun juga disertai beberapa serangan udara yang diluncurkan lewat drone.


Sementara itu pada tanggal 21 Juni 2023 setidaknya tiga warga Palestina tewas seketika setelah dihantam misil yang diluncurkan lewat drone, pada 19 Juni 2023 serangan Israel menewaskan tujuh orang dan 100 orang lainya terluka.


Milisi Palestina sendiri melancarkan serangan balasan pada tanggal 20 juni dan menewaskan empat warga Israel. Diketahui ditanggal yang sama pemukim yahudi menyerbu wilayah Trumus Ayya dan membakar puluhan rumah dan kendaraan, dalam kejadian ini satu warga palestina tewas.


Dalam pernyataannya Militer Israel mengatakan mereka menyasar “pusat operasi gabungan”. Menurut Israel pusat operasi gabungan menjadi pusat komando bagi berbagai macam kelompok milisi Palestina diwilayah Jenin.

Militer Israel merilis beberapa foto udara yang menunjukan beberapa gedung yang disasar oleh serangan udara. Bangunan yang menjadi target serangan udara itu sendiri terletak tidak jauh dari dua sekolah dan sebuah rumah sakit.


Jurnalis Al Jazeera Nida Ibrahim, menyampaikan dari Ramallah di Tepi Barat yang diduduki, militer Israel  mengumumkan penangkapan beberapa “buronan Palestina” dan penyitaan alat peledak. “Kamp Pengungsi mengalami ketegangan, Ambulan tidak bisa sampai ke korban luka dan kami perkirakan jumlah korban makin meningkat. Pasukan Israel terus berjalan ke kamp pengungsi dengan buldoser” ujar Nida.

Salah satu kelompok bersenjata palestina  Jihad Islam Palestina, menyampaikan dalam sebuah pernyataan bahwa semua opsi serangan balasan akan dilakukan dalam menanggapi serangan Israel baru baru ini.