<p>Patung Janghis Khan</p>
Dunia

Istana Megah Peninggalan Cucu Jengis Khan Ditemukan di Turki

  • Para arkeolog juga berpendapat bahwa kompleks istana yang kini telah menjadi puing-puing itu sudah banyak dijarah
Dunia
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

TURKI- Reruntuhan bekas istana megah yang diduga merupakan peninggalan cucu penguasa Mongol Jengis Khan, Hulagu Khan ditemukan di Van, sebuah provinsi yang terletak di Turki Timur.

Reruntuhan yang diduga sebagai kompleks istana Khan tersebut ditemukan dalam keadaan hancur total. Para arkeolog juga berpendapat bahwa kompleks istana yang kini telah menjadi puing-puing itu sudah banyak dijarah.

Meski dalam kondisi tak lengkap,  para arkeolog menemukan sejumlah artefak penting seperti sisa-sisa genteng berlapis kaca, batu bata, tembikar keramik berlapis tiga warna, dan porselen di reruntuhan kompleks istana.

Pada puing-puing genteng, ditemukan lambang S pada bagian ujung atap genteng yang diasumsikan sebagai pola svastika atau tamga yang merupakan simbol kekuatan klan Khan asal Mongol.

Meski belum resmi diumumkan, para arkeolog menduga bahwa reruntuhan tersebut merupakan istana peninggalan Hulagu Khan. Hal ini diperkuat dengan catatan sejarah yang menyebutkan bahwa klan Mongol memiliki sebuah istana dan ibu kota musim panas di wilayah tersebut.

"Ada kemungkinan bahwa itu adalah istana Hulegu," ujar Ahli Sejarah Eurasia Pusat di Universitas Georgia Utara, Timothy May seperti dikutip TrenAsia.com dari Live Science Senin, 25 Juli 2022.

Sebagai Informasi, Hulagu Khan merupakan  seorang pemimpin Mongol yang hidup dari sekitar tahun 1217 hingga 1265 M. Ia merupakan pemimpin mongol yang memprakarsai invasi Pengepungan Baghdad pada 1258.

Atas invasi dan agresi yang mereka lakukan, kota Baghdad yang kala itu berada di bawah Kekhalifahan Abbasyiyah tersebut hancur. Termasuk diantaranya perpustakaan wilayah tersebut dan eksekusi sang pemimpin wilayah, Khalifah Al-Musta'sim Billa.

Pengepungan kota Baghdad oleh Hulagu Khan sekaligus menjadi Akhir dari masa Kejayaan peradaban Islam di Timur Tengah.