Ilustrasi pabrik truk Isuzu.
Industri

Isuzu Bantah Hendak Pindahkan Pabrik Truk ke Indonesia

  • Isuzu menyatakan tidak ada rencana untuk merelokasi pabrik truknya sejauh ini.
Industri
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

JAKARTA—Perusahaan otomotif asal Jepang, Isuzu, membantah bakal memindahkan pabrik truknya dari Thailand ke Indonesia. Isuzu menyatakan tidak ada rencana untuk merelokasi pabrik sejauh ini. 

Hal tersebut disampaikan juru bicara Isuzu menyikapi pernyataan Menteri Perindustrian (Menperin) RI, Agus Gumiwang Kartasasmita, pada Rabu 7 Juni 2023. Agus mengungkapkan Isuzu bakal memindahkan pabrik truknya ke Indonesia usai  melakukan pertemuan dengan Isuzu di Tokyo, Jepang, Selasa 6 Juni 2023.

Dikutip dari Reuters, Kamis 8 Juni 2023, Isuzu membantah tegas bakal merelokasi pabrik truknya ke Tanah Air. “Tidak ada rencana merelokasi pabrik Thailand ke Indonesia,” ujar juru bicara Isuzu. Meski demikian, Isuzu berkomitmen terhadap Indonesia dengan menjadikannya sebagai konsumen utama. “Sementara perusahaan kami terus fokus pada Indonesia sebagai pasar utama,” imbuh Isuzu. 

Sebelumnya, Menperin menyatakan Isuzu Motors bakal memindahkan pabrik truk dari Thailand ke Indonesia dalam waktu dekat. Isuzu disebut siap memulai produksi truk di Tanah Air pada tahun depan.  “Isuzu bakal memindahkan pabrik truk dari Thailand ke Indonesia dan mulai berproduksi pada 2024,” ujar Agus dikutip dari Antara.

Agus menerangkan pabrik yang bakal dipindah memproduksi UD Trucks yang sebelumnya dimiliki Volvo. Isuzu kemudian mengambil alihnya pada 2019. Menperin mengaku mengapresiasi kebijakan Isuzu dan siap mendukung agar pemindahan basis produksi dapat berjalan lancar. “Kami akan menyiapkan sejumlah kemudahan, termasuk insentif, untuk mendukung proses pemindahan pabrik,” ujar politikus Golkar tersebut.

Peningkatan Ekspor

Dalam pertemuan di Tokyo, perwakilan Isuzu tampak memberi sinyal bahwa pemindahan pabrik truk ke Indonesia benar adanya. Isuzu menyatakan perlu tenaga kerja tambahan dengan dimulainya produksi UD Trucks di Indonesia pada 2024. “Untuk itu, Isuzu meminta dukungan Pemerintah Indonesia untuk kemudahan ekspor,” ujar Senior Executive Officer Isuzu Motors Ltd, Yasuyuki Niijima. 

Di Indonesia, pabrik Isuzu yang berada di Karawang, Jawa Barat, memiliki tingkat utilisasi cukup tinggi yakni mencapai 85 persen. Produksi mereka pada 2022 sebesar 44.694 unit atau 15 persen dari total produksi Isuzu di seluruh dunia. Pada 2022, ekspor Isuzu Indonesia tercatat mencapai 8.254 unit untuk jenis kendaraan Completely Built Up (CBU). 

Tahun ini Isuzu menargetkan peningkatan ekspor dari 25 negara. Kemenperin berharap  Isuzu dapat meningkatkan penggunaan komponen dalam negeri pada proses perakitan. Salah satunya dengan mendorong jenis kendaraan yang masih dirakit dengan skema importasi Completely Knocked Down (CKD) diubah menjadi Incompletely Knocked Down (IKD).