ITB
Nasional

ITB Jadi Universitas dengan Riset Paling Berkontribusi untuk Industri

  • Dalam peringkat yang dirilis oleh Times Higher Education (THE), ITB berhasil meraih skor 88,8.
Nasional
Muhammad Imam Hatami

Muhammad Imam Hatami

Author

JAKARTA - Institut Teknologi Bandung (ITB) mencatat prestasi  sebagai universitas dengan penelitian yang paling signifikan memberikan kontribusi kepada sektor industri di tanah air. 

Dalam peringkat yang dirilis oleh Times Higher Education (THE), ITB berhasil meraih skor 88,8. Pengakuan ini mencerminkan sumbangan besar ITB terhadap perkembangan industri di Indonesia.

Metodologi pemeringkatan universitas oleh THE mencakup berbagai indikator, termasuk aspek penilaian industry income. Aspek ini mencerminkan sampai sejauh mana kontribusi riset universitas dalam mendorong perkembangan industri melalui inovasi, penelitian, dan konsultasi.

ITB, sebagai lembaga pendidikan tinggi memiliki tiga lembaga yang secara khusus fokus pada riset dan inovasi, yaitu Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan (LPiK), Lembaga Pengembangan Ilmu dan Teknologi (LPIT), serta Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM).

Dilansir itb.ac.id, Selasa 29 Agustus, 2023, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) ITB, Yuli Setyo Indartono, mengungkap pencapaian ini adalah indikasi bahwa ITB tidak hanya berfokus pada pendidikan, tetapi juga menjadi pelopor dalam menghubungkan kebutuhan industri dengan riset dan inovasi yang dilakukan.

ITB juga berperan sebagai jembatan antara masyarakat dan dunia riset serta inovasi. Ini mencerminkan komitmen ITB dalam menghubungkan ilmu pengetahuan dengan praktik industri, menghasilkan solusi inovatif untuk tantangan yang dihadapi oleh dunia industri saat ini.

ITB juga memiliki berbagai perusahaan yang berada di bawah naungan Badan Pengelola Usaha dan Dana Lestari (BPUDL) ITB. Perusahaan-perusahaan ini juga terlibat dalam berbagai kegiatan yang berhubungan dengan industri, mendorong kolaborasi yang erat antara dunia akademis dan industri.

"Perusahaan-perusahaan tersebut sudah sangat aktif dalam kegiatannya yang berkaitan dengan industri. SDM yang melaksanakannya pun tetap oleh para dosen ITB," ujar Yuli. 

Times Higher Education merupakan lembaga pengukuran peringkat perguruan tinggi yang diakui secara internasional. Times Higher Education secara rutin merilis peringkat universitas, memberikan panduan penting bagi calon mahasiswa, pendidik, dan industri dalam menilai kualitas pendidikan tinggi serta kontribusi riset dalam mendorong inovasi dan perkembangan industri.

Prestasi ITB yang menjadi poros penelitian di Indonesia adalah dedikasi ITB dalam menghubungkan pendidikan dan riset dengan kebutuhan dunia industri, serta menjadi kekuatan pendorong dalam memajukan inovasi dan pengembangan industri di dalam negeri.