The Nusa Dua ITDC
Nasional

ITDC Bocorkan Event yang Bakal Digelar di The Nusa Dua Tahun Ini

  • Beberapa event tersebut antara lain Thank God It’s Festival 2024 (TGIF 2024) dan 39th Asia Pacific Academy of Ophthalmology Congress (APAO) yang akan dihelat pada bulan Februari
Nasional
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Pengelola dan Pengembang Kawasan The Nusa Dua, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) telah membocorkan beberapa event yang sudah terjadwal untuk tahun 2024 di kawasan seluas 350 hektar tersebut. 

Dikutip dari keterangan resmi, beberapa event tersebut antara lain Thank God It’s Festival 2024 (TGIF 2024) dan 39th Asia Pacific Academy of Ophthalmology Congress (APAO) yang akan dihelat pada bulan Februari, Joyland Festival and Food dan Hotel and Tourism Bali (FHTB) pada bulan Maret, World Water Forum (WWF) pada bulan Mei, Bali and Beyond Travel Fair 2024 dan Coast Festival pada bulan Juni, serta We The Fest Music Festival Ismaya Live pada bulan Agustus.

Selain itu, di tahun 2024 ini, ITDC juga tengah menggarap potensi wisata surfing dan prewedding untuk memperkaya aktivitas kawasan, selain dengan melakukan optimalisasi kawasan yang telah dilakukan sebelumnya, seperti pembangunan stage seni budaya dan penataan Pulau Nusa Dharma sebagai Pulau Yoga dan Meditasi.

Masih dari sumber yang sama, perusahaan menyebut bahwa surfing menjadi potensi yang menarik untuk dikembangkan di kawasan The Nusa Dua kedepan, mengingat ada 2 spot surfing yang cukup diminati wisatawan, yaitu disekitar Pulau Nusa Dharma dan Pulau Peninsula. 

Sementara untuk event wedding, area Water Blow di Pulau Peninsula akan dikembangkan sebagai spot untuk aktivitas prewedding, wedding, hingga resepsi pernikahan.

General Manager The Nusa Dua I Gusti Ngurah Ardita mengatakan “Dengan semakin banyaknya atraksi dan jenis event yang dilakukan di kawasan, kami harapkan akan mampu mendorong lebih banyak wisatawan untuk berkunjung, melakukan aktivitas, sekaligus menginap di kawasan The Nusa Dua, di samping terus melakukan berbagai program promosi terintegrasi dengan tetap memperhatikan kualitas wisatawan yang disasar serta terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan pasar saat ini,”

Untuk diketahui, ITDC telah mengembangkan dan mengelola The Nusa Dua, selama 50 tahun. Oleh pemerintah, ITDC juga ditugaskan untuk mengembangkan destinasi pariwisata di luar Pulau Bali. ITDC memperoleh hak untuk mengembangkan dan mengelola The Mandalika di Lombok Tengah, NTB, dengan luas 1.175 hektar. 

The Mandalika memiliki 16 km garis pantai yang indah dan dikelilingi bukit-bukit yang hijau, serta merupakan satu dari sepuluh destinasi pariwisata prioritas atau ‘Bali Baru’ yang ditetapkan Pemerintah.